Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dedikasi Buruk, Kinerja Guru di SMAN 6 Tanjungpinang Diawasi Dua Kali Sepekan
Oleh : Habibi
Sabtu | 24-05-2014 | 11:21 WIB
dadang_disdikbud.jpg Honda-Batam
Dadang AG, Kepala Disdikbud Kota Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Guru-guru di SMA Negeri 6 Tanjungpinang bakal 'tak tenang'. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang akan rutin memantau dan mengawasi kinerja guru di SMAN 6 mulai tahun pelajaran baru 2014/2015, menyusul tingginya angka ketidaklulusan di sekolah tersebut pada tahun ini.

"Kita akan tingkatkan volume pengawasan di sana. Mungkin mulai tahun pelajaran baru nanti akan kita intensifkan menjadi seminggu dua kali," kata Dadang, saat dihubungi, Sabtu (24/5/2014).

Seperti yang dikatakan Dadang beberapa waktu lalu, anjloknya angka kelulusan di sekolah tersebut disebabkan karena faktor kinerja guru yang kurang maksimal. Oleh karena itu, menurut Dadang, perlu pengawasan yang intensif untuk guru agar bekerja dengan maksimal dan bukan seenaknya saja.

"Kepala sekolahnya yang bilang sama saya, memang diakuinya guru di sana itu etos kerjanya kurang. Makanya perlu pengawasan yang ekstra agar guru di sana tidak suka-suka dalam bekerja karena semua itu ada ketentuan dan guru harus tahu bahwa profesinya dan tugasnya itu telah diatur dan harus dijalankan," tutur Dadang.

Menurutnya, akibat rendahnya dedikasi guru di sekolah itu secara tidak langsung mempengaruhi motivasi siswa. Akibatnya tentu berimbas kepada tingginya angka ketidaklulusan di sekolah tersebut.

Kepala SMAN 6 Tanjungpinang, Yoserizal, mengaku akan mengajak guru-guru untuk berubah, begitu juga dengan siswa. Terkait hal ini Dadang mendukung dan juga mengimbau agar guru dapat bekerja sama dengan kepala sekolah untuk memajukan sekolah tersebut. (*)

Editor: Roelan