Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Cara Meracik Pizza Manis
Oleh : Redaksi
Jum'at | 23-05-2014 | 12:53 WIB
pizza manis republika.jpg Honda-Batam
(Foto: Republika).

BATAMTODAY.COM - Pizza. Makanan asal Italia ini dengan mudah ditemukan di seluruh penjuru dunia. Di Tanah Air, banyak rumah yang bahkan dengan mudah membuat pizza sesuai versinya sendiri.

Bila dulu pizza sebatas dikenal sebagai makanan bercita rasa gurih, sekarang pizza bisa pula ditemukan dengan dominasi rasa manis. Menjadikan pizza tak sebatas hidangan utama. Namun, sebagai makanan pencuci mulut.

Italian Chef restoran Rosso di Hotel Shangri-La Jakarta, Paolo Gionfriddo, mengatakan pizza manis memang baru beberapa tahun belakangan ada. Entah dari mana ide ini berasal, yang jelas pizza manis kian populer.

Membuat pizza manis juga dikatakan Paolo relatif mudah. ''Adonan kulit pizzanya menggunakan adonan biasa,'' ujarnya, dikutip dari Republika, Jumat (23/5/2014). Sama persis seperti ketika membuat pizza bercita rasa gurih.

Apa yang lalu ditambahkan sebagai taburan? Paolo mengatakan, isinya juga sangat tergantung selera. Bahkan, bisa disesuaikan dengan buah-buahan yang sedang musim atau tersedia.

''Mau irisan pisang, stroberi, apel, pir, apa saja bisa,'' katanya menyambung.

Sebagai inspirasi, mari menengok pizza manis kreasi Paolo. Setelah membakar kulit pizza di oven, Paolo mengolesnya dengan saus cokelat. Katanya, mengganti saus cokelat dengan selai cokelat atau hazelnut alias Nutella pun bisa.

Usai lapisan Nutella dibalurkan ke pizza, Paolo menambahkan irisan tipis pisang. Setelah itu dibalurnya pizza dengan double cream.

Terakhir, beragam buah berry ditabur ke atas pizza yang bersalut krim. Untuk menambah tekstur rajangan kacang pistasio ditambahkannya pula. Pizza manis ala Paolo pun siap disajikan.

Di Italia, Paolo mengatakan tidak semua kedai pizza menyajikan pizza manis dalam menunya. ''Tetapi karena mudah, Anda bisa bertanya pada pelayan apakah sang koki mau membuatkan pizza manis. Biasanya mereka dengan senang hati akan meraciknya.''

Sumber: Republika