Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia Raih Penghargaan Terbaik Buku Kuliner Internasional
Oleh : Redaksi
Kamis | 22-05-2014 | 12:28 WIB
rendang_padang.jpg Honda-Batam
Rendang, kuliner khas Indonesia.

BATAMTODAY.COM - Indonesia berhasil meraih tiga penghargaan terbaik buku kuliner 'Gourmand Awards' serangkaian ajang ke-19 penghargaan 'Gourmand World Cookbook', di Beijing, Cina pada 20-21 Mei 2014.

Penghargaan pertama diraih pakar kuliner Bondan Winarno yang berhasil meraih juara pertama melalui karya buku resepnya '100 Makanan Tradisional Indonesia, Mak Nyus'. Di malam pertama penghargaan itu, pada Selasa (20/5/2014), Bondan melalui bukunya itu dinyatakan sebagai juara pertama, menyisihkan lima finalis lainnya, untuk kategori buku resep bertemakan makanan kaki lima atau street food.

Sementara pada malam kedua penghargaan itu pada Rabu (21/5/2014), Indonesia kembali mendapat penghargaan khusus (special award) yang diberikan kepada Reno Andam Suri dengan buku karyanya berjudul 'Rendang, Minang Legacy to The World'.Penghargaan khusus yang diterima Retno tersebut, merupakan yang kedua kali bagi Indonesia. Sebelumnya pada 2008, Indonesia mendapat penghargaan serupa yang diberikan kepada Yohan Handoyo, melalui bukunya berjudul 'Secret of Wine'.

Penghargaan terbaik 'Gourmand Awards' lainnya diberikan kepada kepada Indonesia yakni Dr Samuel Oetoro, Erwin dan Jana Parengkuan dengan judul buku 'Smart Eating' yang menduduki tempat kedua dari delapan finalis untuk kategori Lifestyle, Body and Soul dengan sub-kategori health.

Ajang penghargaan bagi para penerbit, penulis buku, jurnalis dan penggiat kuliner, kali ini diikuti sekitar 187 negara peserta. Dari jumlah itu disaring menjadi 43 negara dengan karya terbaik untuk 102 kategori.Penghargaan 'Gourmand Awards' kali pertama digelar pada 1995 di Frankfurt, Jerman. Hingga kini Indonesia baru mengirimkan karyanya pada 2008 dan 2014.

Sumber: Republika