Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Tiga Opsi Bagi Siswa yang Tak Lulus
Oleh : Roelan
Selasa | 20-05-2014 | 16:35 WIB
tidak-lulus-un.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Atmadinata, menyampaikan, ada tiga opsi (pilihan) bagi siswa SMA/MA/SMK yang tak lulus ujian nasional (UN). Siswa bisa memilih salah satunya.

"Beberapa tahun ini sudah tidak ada UN ulangan. Tapi, siswa yang tak lulus bisa memilih tiga alternatif," ujarnya.

Dia menjelaskan, alternatif pertama adalah mengulang di kelas terakhir (kelas XII) selama setahun, dan mengikuti ujian nasional (UN) pada tahun 2015 mendatang. Alternatif kedua, siswa boleh hanya mengikuti UN pada mata pelajaran yang belum saja.

"Atau kalau mau ikut semua (mata pelajaran) pun tak apa. Karena, nilai yang diambil adalah nilai tertinggi, baik sebelum maupun setelah mengulang tahun depan. Jadi, tak usah khawatir kalau mau mengulang semua (mata pelajaran)," terang Atmadinata.

Sedangkan pilihan ketiga, imbuh Atmadinata, siswa bisa mengikuti ujian Paket C tahap II yang akan digelar pada Agustus mendatang. "Saat ini sudah ada Paket C untuk SMK. Jadi, siswa SMK yang tak lulus UN bisa mengikuti ujian Paket C juga. Memang, dulu ujian Paket C untuk SMK tak ada, sekarang sudah ada," jelas Atmadinata.

Sebagaimana diberitakan, tingkat kelulusan ujian nasional (UN) SMA/MA/SMK di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tahun ini mencapai 99,45 persen. Dari total 17.538 peserta UN, hanya 96 siswa yang dinyatakan tak lulus.

Sementara itu, dilihat dari jumlah siswa yang tak lulus, Kota Tanjungpinang menempati peringkat pertama, yakni sebanyak 34 siswa yang tak lulus, terdiri dari SMA IPA 3 orang, SMA IPS 30 orang, dan MA IPS 1 orang. (*)

Editor: Dodo