Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agar Dapat Adipura Lagi, Kesadaran Warga Tanjungpinang Harus Ditingkatkan
Oleh : Habibi
Jum'at | 09-05-2014 | 14:24 WIB
Gunawan_Grounimo.JPG Honda-Batam
Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang, Gunawan Grounimo.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang harus berusaha lebih keras jika ingin meraih Adipura kembali pada tahun ini. Salah satu hal yang harus dibenahi adalah kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tanjungpinang, Gunawan Grounimo, memaparkan, berdasarkan penilaian Adipura tahap pertama (C1) yang dilakukan beberapa waktu lalu, Tanjungpinang masih kekurangan empat poin untuk mendapatkan nilai yang ideal pada penilaian Adipura, yakni 71,23.

"Idealnya harus 75, berarti kita kurang empat poin lagi," terang Gunawan, saat dihubungi, Jumat (9/5/2014).

Dia menambahkan, saat ini tim penilai Adipura telah selesai melakukan penilaian tahap kedua (C2) yang dilaksanakan 25 - 26 April lalu. Pada waktu penilaian tahap kedua itu, tim penilai melakukan penilaian di dua daerah pesisir yang ada di Kota Tanjungpinang yakni di Kelurahan Tanjungunggat dan Kelurahan Tanjungpinang Barat.

Sementara itu hasil penilaian akhir akan diumumkan pada 5 Juni mendatang yang bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup sedunia. "Pada hari itulah, akan diumumkan apakah Kota Tanjungpinang akan meraih piala Adipura lagi atau tidak," katanya.

Gunawan berharap kepada seluruh lapisan masyarakat. Untuk memiliki komitmen bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan Kota Tanjungpinang. "Bukan karena antusiasme ingin mendapatkan piala, tapi memang Kota Tanjungpinang itu harus bersih agar terhindar dari penyakit dan sebagainya. Jika kota kita bersih, pasti indah, dan tidak ada seorangpun yang mau kotor, saya yakin itu," tuturnya.

Dikatakannya, Pemko Tanjungpinang telah berusaha berkomitmen untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan membentuk kader-kader lingkungan yang ada di setiap jenjang pendidikan. Selain itu, saat ini Pemko melalui BLH juga tengah gencar menggalakkan sekolah-sekolah Adiwiyatha.

"Pada intinya, konsep Adipura bukan hanya bersih pada saat penilaian berlangsung, tapi bagaimana masyarakat dan seluruh elemen dapat menjaga kebersihan Kota Tanjungpinang. Karena itulah yang menjadi konsep dari Adipura yang sesungguhnya," pesan Gunawan. (*)

Editor: Roelan