Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengawas Independen Ikut Awasi UN SMP di Lingga
Oleh : CR-8
Senin | 05-05-2014 | 11:25 WIB

BATAMTODAY.COM, Lingga - Sebanyak 552 siswa SMP dan MTs di Singkep dan Singkep Barat melaksanakan ujian nasional. Jalannya UN ini juga ikut diawasi pengawas independen, Senin (5/5/2014).

Salah satu petugas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga Rahmad mengatakan, untuk peserta UN tahun ini di Singkep dan Singkep Barat 552 orang, merupakan jumlah terbanyak di Lingga yang terdiri dari Singkep 352, Singkep Pesisir 40 orang, Singkep Selatan 14 orang dan Singkep Barat 146 orang.

Untuk pengawasnya diambil dari guru SD dan SMA, sementara pengawas independen diambil dari dinas pendidikan dan dibantu dari pihak kepolisian berpakaian preman.

" Alhamdullilah dihari pertama ini berjalan lancar, semua pengawas baik di dalam kelas maupun pengawas idependen juga telah hadir membantu kelancaran pelaksanaan UN bahkan dari kepolisian juga ada," ungkap Rahmad.

Untuk Ujian Nasional pada tahun 2014 ini penenetuan kelulusannya 40 persen ditentukan Kemendiknas dan 60 persen dari sekolah. Untuk menentukan siswa tersebut lulus atau tidak, tergantung dari ujian sekolahnya juga, dan nilai pelajaran Agamanya paling penting, tidak saja nilai Ujian Nasionalnya yang menentukan.

"Kalau tahun sebelmunya nilai Hasil Ujian Nasional sangat menentukan, tapi tahun ini nilai ujian sekolah dan kepribadian siswa di sekolah juga sangat menentukan karena poinnya 60 nilai sekolah, dan 40 nilai nasional," kata Rahmad.

Sementara, Kepala UPTD Kecamatan Singkep Abdul Razak mengatakan, setiap tahun naskah soal untuk UN SMP maupun SMA disimpan di kantor polisi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan soal tersebut, setelah pelaksanaan UN selesai soal tersebut kembali disimpan di mapolsek sebelum dibawa ke dinas pendidikan.

"Setiap tahun memang soalnya kami simpan di polsek, supaya aman dan menjaga kerahasiaan soal tersebut supaya tidak bocor," kata Razak.

Editor: Dodo