Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Membuat Sendiri Paduan Es Krim dan Kopi
Oleh : Redaksi
Sabtu | 03-05-2014 | 12:21 WIB
kopi eskrim.jpg Honda-Batam
Affogato. (Foto: Republika).

BATAMTODAY.COM - Membuat sendiri paduan es krim dan kopi sebenarnya tak terlalu sulit. Affogato adalah salah satunya.

Seperti dikutip dari Republika, Sabtu (3/5/2014), untuk meracik affogato caranya juga sangat mudah. Cukup seduh kopi bubuk instan dengan air panas. Kemudian, tambahkan satu scoop es krim vanila di atasnya.

Gunakan gelas bening yang berkaki agar es krim vanila kelihatan mengambang di atas kopi. Cara mudah untuk menyajikan hidangan istimewa pun tercipta.

Pemerhati kopi Toni Wahid membagi resep membuat paduan es krim dan kopi yang pas. Pertama, untuk mendapatkan cita rasa yang sempurna, gunakan jenis kopi favorit Anda. Usahakan kopinya yang berkualitas.

Jika menggunakan kopi yang masih berbentuk biji, giling dulu kopi dengan alat penggiling. Bila tidak ada, gunakan blender.

Lalu panaskan air dengan suhu 90 sampai 95 derajat Celsius. Sebelum menyeduh kopi, diamkan terlebih dahulu air panas selama satu menit. Seduh 10 gram kopi dengan 150 gram air. Pertahankan rasio ini jika ingin menyeduh lebih banyak.

Setelah kopi jadi, Toni menuangkannya ke dalam gelas saji dan selanjutnya bisa ditambahkan es krim. Pilihan es krim yang disarankan adalah vanila atau cokelat.

Bisa juga menambahkan pelengkap, seperti bubuk kayu manis dan krim kocok untuk membuat penampilan kopi dan es krim makin menggoda selera.

Sumber: Republika