Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usai Pengumuman UN SMA, Siswa Dilarang Konvoi dan Corat Coret Seragam
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 02-05-2014 | 13:02 WIB
lulus.gif Honda-Batam

PKP Developer

Pengumuman hasil UN di salah satu SMA Batam beberapa waktu lalu.

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah pengumuman ujian, kebanyakan siswa sering membuat ulah seperti halnya melakukan konvoi dan coret-coret baju menjadi tradisi para pelajar untuk merayakan kelulusannya.

Namun Demikian Dinas Pendiidkan (Disdik) Kota Batam melalui kabid pendidikan menengah Andi Agung menyatakan sudah berkoordinasi kepada kepala sekolah agar melarang anak didiknya melakukan hal tersebut.

"Kita sudah mengingatkan kepala sekolah agar tidak membiarkan anak didiknya melakukan konvoi sepeda motor dan aksi corat-coret. Tindakan itu akan mengganggu arus lalu lintas dan ketertiban umum," ujar Andi kepada BATAMTODAY.COM,  Jumat (2/5/2014).

Andi mengatakan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat para siswa tetap ngotot konvoi dan ugal-ugalan dijalan. Disdik berencana akan berkerja sama dengan Polresta Barelang agar mengantisipasi tindakan yang tidak diinginkan.

"Sebelum pengumuman kita akan rapat koordinasi dengan kepolisian terlebih dahulu, yang jelas kami melarang melakukan aksi itu kami juga meminta setiap sekolah melaksanakan pengumuman kelulusan sesuai prosedur yang ditetapkan," ujarnya.

Dalam menangani permasalahan itu menurutnya yang perlu diperhatikan adalah saat para siswa menunggu hasil kelulusan sebab pada waktu itu mereka selalu bergerombol dilingkungan sekolah masing-masing dan kegiatan tersebut bisa dijadikan pemicu kerusuhan apalagi pasca pengumuman biasanya mereka langsung mengeluarkan cat semprot yang sudah dipersiapkan dari rumah.

''Para guru juga harus melakukan razia siswanya masing-masing, apakah mereka membawa cat semprot atau tidak," pungkasnya.

Pengumuman hasil UN untuk tingkat SMA sederajat di Batam akan dilakukan pada 20 Mei 2014 mendatang.

Editor: Dodo