Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Bulan Terakhir, 21 Orang di Batam Meninggal Akibat AIDS
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 01-05-2014 | 13:13 WIB
illustrasi_aids.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi penderita AIDS.

BATAMTODAY.COM, Batam - Jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Batam sejak Januari hingga Maret tercatat 230 jiwa. Sebanyak 21 orang di antaranya meninggal.

Dari data yang dimiliki Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, jumlah penderita penyakit HIV di triwulan pertama 2014 tercatat ada 162 kasus, sementara penderita AIDS sebanyak 68 kasus. Data-data kasus itu diperoleh dari rumah sakit, puskesmas maupun klinik ke Dinkes Batam.

"Penderita HIV/AIDS ini yang masuk setelah pihak rumah sakit, pukesmas dan klinik melaporkan ke Dinkes. Sementara untuk bulan April dan Mei belum didata," ujar Sri Rupiati, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Batam, Kamis (1/5/2014).

Sri merinci, dari 230 penderita HIV/AISD itu, enam orang meninggal pada Januari, tujuh orang meninggal pada Febuari, dan delapan orang meninggal pada Maret.

Sementara, untuk penanganan,mencegah peningkatan korban tewas akibat HIV/AIDS. pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penyuluhan guna mencegah penularan HIV.

Sri menambahkan mekanisme penularan penyakit AIDS akan lebih tinggi lewat hubungan anus (anal seks) dibanding vagina. "Makanya, penularan HIV/AIDS lebih mudah menular lewat hubungan anal seks karena virus sangat rentan dengan luka akibat gesekan," jelasnya. (*)

Editor: Roelan