Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh SPSI dan FSPMI Batam Bergabung di Sport Hall Rayakan May Day

FSPMI Batam Akan Kunjungi Perusahaan yang Masih Pekerjakan Buruh Pada May Day
Oleh : Gokli Nainggolan
Kamis | 01-05-2014 | 11:54 WIB
IMG_20140501_103023.jpg Honda-Batam
Ribuan buruh yang tergabung dalam FSPMI dan SPSI Batam memadati sport hall Tumenggung Abdul Jamal. (Foto: Gokli Nainggolan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan buruh anggota dua serikat di Batam, yakni Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) akan melakukan konvoi mengitari Kota Batam usai menggelar acara di sport hall Tumenggung Abdul Jamal, siang nanti. Khusus FSPMI, mereka juga akan mengunjungi beberapa perusahaan yang masih mempekerjakan buruh pada May Day hari ini.

"Kita tahu sampai saat ini masih ada perusahaan nakal yang masih mempekerjakan buruh pada May Day. Itu akan kita kunjungi satu per satu selepas acara di sport hall," kata Suprapto, Panglima Koordinator Daerah (Pangkorda) Garda Metal Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam, kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (1/5/2014).

Suprapto memperkirakan, acara di sport hall berlangsung sampai pukul 13.00 - 14.00 WIB. Perayaan May Day bertema "Menata Ulang Indonesia, Wujudkan Negara Sejahtera" ini dilakukan dengan mengadakan serangkaian kegiatan.

Adapun kegiatan yang akan dilakukan, kata Suprapto, berkonsolidasi dengan SPSI, melakukan orasi, dan melakukan hiburan. "Dalam orasi itu akan disampaikan tuntutan-tuntutan," kata dia.

Di tempat terpisah, Koordinator Rajawali Satgas Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Batam, Munawar, juga mengakui mereka akan melakukan konvoi mengitari Kota Batam setelah mengikuti acara di sport hall bersama FSPMI. Adapun rute konvoi SPSI, kata Munawar, dari Tumenggung menuju Batam Center (perempatan Masjid Raya). Setelah itu, mereka akan melanjutkan konvoi ke bundaran Ocarina sampai ke simpang Jam.

"Laju kendaraan maksimal 50 km/jam. Rajawali akan mengiringi para anggota yang melakukan konvoi," jelasnya.

Setelah dari Simpang Jam, konvoi SPSI Batam berlanjut ke daerah Sekupang dan memutar arah menuju daerah Batuaji melalui Seitemiang. Tiba di Simpang Basecamp, konvoi akan dilanjutkan sampai di depan Top 100 Tembesi.

"Titik akhir Konvoi di Top 100 Tembesi. Selepas itu anggota membubarkan diri untuk melakukan kegiatan masing-masing," katanya.

Masih dalam suasana May Day, lanjut Munawar, SPSI Batam mulai Mei 2014 ini juga akan melakukan serangkaian kegiatan berupa bakti sosial dan donor darah. Namun, waktu pelaksanaannya belum bisa disampaikan.

"Agenda itu sudah ada. Waktu tepatnya belum bisa saya sampaikan. Intinya masih dalam rangka memperingati May Day," katanya.

Sementara di di lokasi sport hall Tumenggung Abdul Jamal, Kabag Ops Polresta Barelang, Komisaris Polisi (Kompol) Irawan Banuaji mengatakan, menurunkan 650 personel untuk pengamanan May Day. Ratusan personel itu, kata Banuaji, merupakan gabungan dari anggota Polresta Barelang dan beberapa Polsek.

"Kita akan lakukan pengawalan dari awal sampai akhir," ujarnya. (*)

Editor: Roelan