Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

May Day, Buruh di Bintan Akan Gelar Bakti Sosial
Oleh : Harjo
Rabu | 30-04-2014 | 13:57 WIB
AKBP_Kristiaji_Kapolres_Bintan.JPG Honda-Batam
Kapolres Bintan, AKBP Kristiaji.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - May Day atau Hari Buruh Nasional yang jatuh pada 1 Mei besok, tidak akan diperingati dengan aksi unjuk rasa di Kabupaten Bintan. Justru parah buruh dilaporkan akan menggelar bakti sosial.

"Sejauh ini kegiatan pada 1 Mei 2014 atau May Day oleh kalangan buruh di Bintan sangat positif. Karena sebagian beserta berkumpul untuk menggelar kegiatan yang positif dan tidak yang melakukan unjuk rasa untuk menyampaikan tuntutan," kata Kapolres Bintan, AKBP Kristiaji, kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (30/1/2014).

Dia menjelaskan, sejumlah pemberitahuan kegiatan serikat buruh yang sudah diterima Polres Bintan di antaranya gabungan serikat pekerja/buruh, SBSI, SPSI Pariwisata dan  SPSI Reformasi akan melaksanakan kegiatan upacara bendera dan outbond di Pantai Trikora, Kecamatan Gunungkijang, yang diperkirakan akan dihadir sekitar 500-an orang.

"FSPMI dengan massa sekitar 300 orang, akan menggelar kegiatan bakti sosial di gedung serbaguna Kijang, Bintan Timur. Begitu juga dengan PUK SPSI PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Lagoi dengan massa sekitar 100 orang akan mengelar bakti sosial berupa donor darah di lokasi perusahaan. Intinya, dari beberapa serikat buruh yang ada, kali ini tidak ada yang menyampaikan tuntutan pada May Day," terangnya.

Sementara, Ketua Federasi Konstruksi Umum dan Informal (FKUI) SBSI Bintan, T Sianturi, menyampaikan, kebersamaan sesama buruh untuk menyatukan persepsi dalam memperjuangkan nasib buruh, menjadi tuntutan utama setiap organisasi buruh. Namun, dalam melakukan perjuangan memang ada cara dan trik masing-masing serikat, baik mengerahkan massa atau melalui cara-cara diplomasi.

"Namun khusus untuk May Day memang harus dimaknai dengan rasa syukur dari seluruh kalangan buruh. Karena dengan ditetapkannya hari libur itu merupakan sebuah penghargaan kepada buruh.  Kita berharap kegiatan buruh juga selalu di dukung oleh terutama para pengusaha," harapnya. (*)

Editor: Roelan