Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lima Titik Persimpangan Kawasan Industri Jadi Pusat Perayaan May Day di Batam
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 29-04-2014 | 13:37 WIB
may-day-arakarakan.gif Honda-Batam
Peringatan May Day di Batam beberapa tahun lalu.

BATAMTODAY.COM, Batam - Memperingati Hari Buruh se-Dunia atau May Day tanggal 1 Mei, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam akan menggelar aksi di lima titik perempatan/persimpangan kawasan industri.

Dikatakan Suprapto, Panglima Kordinator Daerah (Pangkorda) Garda Metal FSPMI Batam, May Day yang jatuh pada hari Kamis pekan ini, buruh akan turun ke jalan untuk melakukan aksi di lima titik perempatan yakni di lampu merah Mukakuning, lampu merah Basecamp, lampu Simpang Frengky, depan kawasan indutri Citra Buana II Batuampar dan lampu merah depan kawasan industri Kabil.

"Di lima titik tersebut kita akan berorasi menyampaikan tuntutan kita," ujar Suprapto, Selasa (29/4/2014).

Usai menggelar aksi, aksi buruh yang diperkirakan mencapai 15 ribu orang sekitar pukul 11.00 WIB akan bergerak ke Sport Hall Stadion Tumenggung Abdul Jamal dan menggelar rapat akbar.

"15 ribu buruh akan mengadakan rapat akbar di Sport Hall Tumenggung Abdul Jamal," tuturnya.

Dia menambahkan, adapun poin-poin penting dalam tuntutan buruh saat May Day yang paling utama adalah menuntut Upah Minimun Kota Batam tahun 2015 naik sebesar 30 persen dari 60 item KHL menjadi 84 item KHL.

"Kita juga menuntut jaminan pensiun diberlakukan untuk karyawan swasta per 1 Juli 2015 dan adanya jaminan kesehatan sehingga tidak ingin adalagi pekerja atau buruh yang ditolak saat berobat ke rumah sakit. Selanjutnya, menolak adanya outsourcing," tutup Suprapto.

Editor: Dodo