Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kartu BRIZZI Tekan Peredaran Uang di Rutan Batam
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 24-04-2014 | 11:11 WIB
rutan-baloi.gif Honda-Batam
Rumah Tahanan Klas IIA Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Penggunaan kartu BRIZZI di Rumah Tahanan Klas IIA Batam untuk meniadakan transaksi menggunakan dan peredaran uang bagi warga binaan sudah diterapkan yang bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Sistim penggunaan kartu BRIZZI tersebut menurut keterangan Kepala Rutan Klas IIA Batam, Anak Agung Gde Khrisna kepada wartawan, seperti menggunakan kartu kredit dalam belanja, tanpa menggunakan uang secara langsung.

"Segala macam bentuk transaksi di dalam rutan, tidak lagi menggunakan uang, tapi menggunakan kartu BRIZZI," kata Agung ketika dihubungi wartawan, belum lama ini.

Lebih lanjut dijelaskan Agung, alat pembayarannya juga sudah dipasang di beberapa tempat, termasuk di warung untuk pembelian kebutuhan sehari-hari.

"Pembelian kebutuhan sehari-hari seperti rokok, sabun, kopi dan lain sebagainya sudah menggunakan kartu tersebut. Bahkan unuk pembayaran biaya wartel di telepon umum juga menggunakan kartu BRIZZI," jelas Agung.

Untuk memasukkan uang kedalam kartu tersebut, pihak keluarga bisa bisa langsung menstrasfer ke rekening warga binaan. "Pihak bank BRI akan melakukan sosialisasi kepada keluarga warga binaan, dengan standby di depan pintu masuk rutan," lanjut Agung.

Jika warga binaan bebas nantinya, lanjut Agung, kartu tersebut tidak diminta dan tetqp dibawa yang bersangkutan. Kartu tersebut bisa dipergunkan nantinya khusus di tempat-tempat yang melayani pembayaran BRIZZI.

"Sebab, sistim ini juga akan diterapkan di masyarakat luas," tutup Agung.

Editor: Dodo