Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siswa dan Guru di Tanjungpinang Wajib Pakai Seragam Pramuka Setiap Kamis
Oleh : Habibi
Selasa | 22-04-2014 | 07:35 WIB
IMG-20140420-00270.jpg Honda-Batam
Festival Pramuka Kwartir Ranting Tanjungpinang Barat di halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, belum lama ini. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang akan mengedarkan surat edaran tentang kewajiban untuk melaksanakan kegiatan Pramuka di sekolah-sekolah.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, saat membuka Festival Pramuka Kwartir Ranting Tanjungpinang Barat, di halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Tanjungpinang, Minggu (20/4/2014).

Mantan Ketua Persatuan Guru Republik Indnesia (PGRI) Kota Tanjungpinang mengatakan, Pramuka seyogyanya harus menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang utama di setiap sekolah. Pramuka memiliki dasa darma yang dinilai mengandung pengembangan dan pendidikan karakter yang dibutuhkan demi kemajuan bangsa.

"Takwa, jujur, berani, setia, gotong-royong itu adalah karakter bangsa. Dan itu semua ada di Dasa Darma Pramuka," ujar Syahrul.

Menurut Syahrul, jika filosofi Pramuka secara berkelanjutan diterapkan di sekolah, permasalahan karakter bangsa akan selesai. Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini Pemko Tanjungpinang akan melayangkan surat edaran ke sekolah-sekolah agar guru dan murid diwajibkan memakai seragam Pramuka pada setiap Kamis. Dan itu akan berlaku di tahun pelajaran baru ini.

Syahhrul mengatakan, tujuan keputusan mewajibkan Pramuka di semua sekolah untuk menghidupkan kembali semarak Pramuka yang dulu sempat berjaya di Nusantara.

"Kalau saat ini, sudah ada beberapa sekolah saja yang melakukan itu karena memang baru bersifat imbauan. Jika nanti sudah kita berikan edaran, berarti itu wajib. Jadi, seluruh sekolah di Tanjungpinang harus ber-pramuka setiap Kamis," ujar Syahrul yang juga Ketua Kwartir Cabang Kota Tanjungpinang.

Festival Pramuka Kwartir Ranting Tanjungpinang Barat ini disejalankan dengan peresmian kantor sekretariat. Dalam acara itu, ditampilkan tarian semaphore oleh puluhan pramuka dari sekolah dasar yang di Kecamatan Tanjungpinang Barat. Selain itu, acara juga dimeriahkan oleh drumband SMAN 1 Tanjungpinang yang saat pertunjukkan mengenakan pakaian Pramuka. (*)

Editor: Roelan