Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Buka LKS SMK Provinsi Kepri di Hotel Sahid Bintan

SDM di Kepri Harus Siap Hadapi Tantangan Global
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 22-04-2014 | 07:32 WIB
Honda-Batam
Gubernur Kepri, HM Sani, memukul gong tanda dibukanya LKS SMK se-Kepri di Hotel Sahid Bintan.

BATAMTODAY.COM, Teluk Bakau - Gubernur Kepuauan Riau, HM Sani, menegaskan, sumber daya manusia (SDM) di  Kepri harus siap menghadapi tnatangan global. Dia berkeyakinan, sumber daya manusia di Kepri tak jauh berbeda dengan daerah lainnya.

Karena itu, sekolah, terutama sekolah kejuruan, diharapkan dapat menumbuhkembangkan kuantitas, kualitas dan meningkatakan sumber daya manusia dengan menghasilkan lulusan terbaik dalam mengisi pasar kerja global yang semakin kompetitif.

"Kita harus yakin bahwa kita sebenarnya mampu bersaing dengan SDM daerah lain," kata Sani saat membuka Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Provinsi Kepri di Hotel Sahid Bintan, di Kecamatan Gunungkijang, Senin (21/4/2014).

Dia berharap, melalui LKS tersebut, dapat menumbuhkembangkan inovasi dan kreativitas siswa, hingga ke depan akan tumbuh inovator serta enterprenuership yang handal.

Dia menjelaskan, dalam kondisi ekonomi dan pasar global sat ini, ada dua tantangan yang akan dihadapi masyarakat di Kepri ke depan, khusunya setelah beberapa kawasan di Kepri ditetapkansebagai kawasan perdagangan bebas danpelabuhan bebas (free trade zone). Kepri akan semakin diburu  oleh investor asing, dan akan berdampak pada peningkatan ekonomi, investasi industri, teknologi dan sebagainya.

"Jika Kepri tidak menyiapkan SDM yang terampil dari sekarng, maka dalam beberapa tahun ke depan, masyarakat Kepri justru akan hanya menjadi penonton di negerinya sendiri karena kalah bersaing dengan tenaga kerja luar," ujarnya.

Tantangan yang kedua adalah dalam menyongsong akan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asia, Kepri akan menjadi wilayah perdagangan bebas Asia, yang tentunya akan membutuhkan tenaga trampil, kreatif serta produktif.

"Kedua tantangan ini harus kita antisipasi dari sekarang tentunya. Jika tidak, maka kita hanya akan menjadi penonton di negeri sendiri. Dan agar hal itu tidak terjadi, mari kita bersemangat dan meyakinkan bahwa kita bisa menjadi yang terbaik," kata Gubernur.

LKS SMK ini akan berlangsung hingga Kamis (24/4/2014). Pemenang akan mewakili Kepri pada LKS tingkat nasional di di Palembang yang akan diselenggaran pada tanggal 18 - 24 Agustus mendatang.

Cabang yang akan diperlombakan dalam LKS ini di antaranya bidang studi teknologi industri yang meliputi automobile technology, wellington, electrical instalation, brick layang, wallace and floor trilling, AutoCAD, CADD (Computer Aided Drawing and Design), electronic aplication, CNC milling, production machine dan pharmacy.

Untuk bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi meliputi graphic design technology, web design, animation, software application, dan networking supporter.

Sementara untuk bidang studi keahlian pariwisata meliputi, hotel accomodation, ladies dress making dan tourist industriy. Sedangkan untuk perlombaan di bidang studi keahlian agribisnis/argotechnology meliputi fishery. Dan terakhir untuk bidang manajemen yang dilombakan adalah bidang sekretariat, accounting dan marketing. (*)

Editor: Roelan