Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Air: Mitos dan Fakta
Oleh : Redaksi/TN
Sabtu | 21-05-2011 | 09:36 WIB

Batam, batamtoday - Betulkah kalau kita harus minum delapan gelas air dalam sehari? Betulkah kita hanya perlu minum air ketika merasa haus saja? Betulkah teh dan kopi dapat menyebabkan dehidrasi? Mari kita cari tahu faktanya.

Mitos: Kita perlu minum delapan gelas air dalam sehari.
Fakta: Tidak ada yang tahu pasti siapa pembuat aturan delapan gelas ini. Faktanya, kebutuhan air Anda tergantung dari jenis asupan makanan, ukuran tubuh, dan proses metabolisme di dalam tubuh.

Bagaimana cara mudah menghitung kebutuhan air kita? Mungkin tips ini dapat dilakukan bagi Anda yang memiliki berat badan stabil. Timbang berat badan Anda setiap pagi selama 3 sampai 4 hari berturut-turut. Apabila Anda kehilangan beberapa ons dari hari sebelumnya, minumlah air sebanyak kehilangan berat tubuh Anda tersebut di pagi hari, dan sesuaikan kebutuhan air sehari-hari sampai berat Anda kembali stabil.

Mitos: Minumlah hanya ketika merasa haus.
Fakta: Bagi kebanyakan orang hal ini mungkin benar. Namun, apabila Anda memiliki kegiatan fisik yang aktif maka rumus ini perlu diubah. Apabila Anda seorang atlit atau memiliki pekerjaan yang banyak membuang keringat, Anda perlu minum cukup air sebelum melakukan aktivitas fisik tersebut walaupun Anda tidak merasa haus sekali pun.

Aktivitas fisik yang berat akan membuang air dalam tubuh Anda lebih cepat daripada respon yang diberikan otak untuk menimbulkan perasaan haus. Selain itu, air membutuhkan waktu kira-kira selama 60 menit untuk sampai ke jaringan otot Anda. Dengan meminum cukup air sebelum beraktivitas berat, maka diharapkan air sudah dapat sampai ke bagian tubuh tersebut disaat mereka membutuhkannya.

Mitos: Teh dan kopi dapat mengakibatkan dehidrasi.
Fakta: Minuman berkafein tidak mengakibatkan dehidrasi apabila Anda meminumnya dalam jumlah wajar, yaitu sekitar 5 cangkir dalam sehari ataupun kurang dari itu. Apapun jenis minuman yang Anda konsumsi, tetaplah masuk dalam hitungan sebagai asupan air Anda. Hanya saja, perlu diperhatikan asupan gula yang berasal dari minuman tersebut.

Mitos: Minum air sebelum makan dapat membantu menurunan berat badan.
Fakta: Air yang Anda minum sebelum makan, tidak akan mencegah Anda untuk makan berlebihan dan air tidak akan membuat makanan Anda lebih cepat dikeluarkan dari tubuh. Hal ini dikarenakan air tidak menyatu dengan makanan, dan air melewati lambung dan usus lebih cepat daripada makanan. Namun, apabila Anda mengkonsumsi sayur-sayuran yang tentunya memiliki kandungan air maka hal ini akan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang. (GSBS).