Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nasdem Usulkan Surya Paloh Jadi Cawapres Jokowi
Oleh : Surya
Senin | 14-04-2014 | 17:27 WIB
surya paloh.jpg Honda-Batam
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Effendy Choirie, politisi Nasdem yang juga Ketua Umum Forum Silaturrahmi Politisi Nahdlatul Ulama (ForsiNU), mengusulkan agar Ketua Umum DPP Nasdem Surya Paloh menjadi cawapres Joko Widodo atau Jokowi untuk pilpres 9 Juli 2014 mendatang.



Hal itu, karena Nasdem sebagai partai pertama yang berkoalisi dan menyokong Jokowi sebagai Capres PDIP sebagai partai pemenang Pileg 2014.

"Jadi, secara etika demokrasi, di mana Nasdem sebagai partai pertama yang menyokong Jokowi sebagai Capres PDIP, maka layak jika Surya Paloh menjadi pedamping Jokowi. Apalagi, Nasdem sebagai partai pertama yang menyatakan koalisi," tegas politisi Nasdem yang akrab disapa Gus Choi itu pada wartawan di Jakarta, Senin (14/4/2014).

Selain itu lanjut Gus Choi, cawapres Jokowi itu dalam pertimbangan NKRI memang harus dari luar Jawa. Tapi, dari Sumatera Barat (Bung Hatta dan Adam Malik), Indonesia Timur (Jusuf Kalla), dan dari Jawa sudah.

"Jadi, yang belum adalah perwakilan dari Aceh Darussalam, dan orangnya adalah Surya Paloh," kata Gus Choi.

Sejauh itu menurut Gus Choi, kalau ada partai lain mau berkoalisi dengan PDIP, maka tidak harus menawarkan posisi sebagai cawapres, apalagi minta-minta jatah kekuasaan. Sebab, koalisi dengan Nasdem saja PDIP sudah bisa mengusung capres-cawapres.

"Hanya saja, sebelum memutuskan pasangan itu PDIP mesti konsultasi dengan NU dan Muhammadiyah sebagai pendiri bangsa ini,"  katanya.
 
Gus Choi yakin akan NU dan Muhammadiyah akan mempertimbangkan keuntuhan NKRI, sehingga pengusulan Surya Paloh sebagai cawapres Jokowi dapat diterima.

"Saya yakin, kalau NU dan Muhammadiyah itu akan berpikir dan mempertimbangkan keadilan wilayah NKRI, dan tokohnya adalah Surya Paloh. Jadi, Surya Paloh sebagai cawapres ini dalam kerangka kepentingan integrasi  nasional," pungkasnya.

Editor : Surya