Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seluruh LJK UN SMA Sederajat Disimpan di Ruang Tahanan Mapolsek Sekupang
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 14-04-2014 | 15:30 WIB
mapolsek-sekupang.gif Honda-Batam
Mapolsek Sekupang.

BATAMTODAY.COM, Batam -  Seluruh Lembar Jawab Komputer (LJK) Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK dan MA di Kota Batam akan disimpan di Polsek Sekupang usai pelaksanaan UN setiap harinya.

Kabid Pendidikan Menengah Disdik Andi Agung menjelaskan LJK tersebut disimpan dalam salah satu ruang tahanan mapolsek untuk menjaga dari hal yang tidak diinginkan.

"Sesuai kebijakan Disdik LJK UN setelah pelaksana lembar jabawan komputer itu langsung di kirim sekolah ke Disdik, tidak ada LJK yang diendapkan di sekolah," ujar Andi kepada BATAMTODAY.COM, Senin (14/4/2014).

Andi menambahkan setelah Disdik menerima, pihaknya langsung mengirim seluruh LJK dari 112 sekolah ke Mapolsek Sekupang, untuk disimpan selama pelaksanaan UN.

Namun demikian LJK tidak disimpan di Polsek daerah sekolah berada, dikarenakan Dinas Pendidikan Kota Batam hanya berdekatan dengan Polsek Sekupang.

"Hanya pendistribusian soal dan LJK yang di simpang polsek yang berdekatan dengan sekolah, sementara LJK yang sudah disimpan di Mapolsek Sekupang, nantinya LJK tersebut akan dikirim ke Tanjungpinang untuk pemindaian oleh perguruan tinggi di Pekanbaru," pungkasnya

Kapolsek Sekupang Kompol Rubertus Herry membenarkan LJK seluruh sekolah tingkat SMA/SMK dan MA akan disimpang di kantornya, tepatnya di dalam sel tahanan

Namun Rubertus mengaku kunci sel tahanan tempat menyimpan LJK berkunci ganda satu kunci set gembok dipegang pihak polsek, sedangkan kunci gembok lainnya dipegang pengawas dari Dinas Pendidikan.

"Baru kali ini jawaban disimpan Mapolsek Sekupang, hal ini tentunya untuk mencegah terjadinya kecurangan pada UN SMA," pungkasnya.

Editor: Dodo