Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siswa Sempat Ragu, UN di SMKN 1 Batam Berjalan Lancar
Oleh : Gokli
Senin | 14-04-2014 | 14:52 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Hari pertama Ujian Nasional (UN) di SMKN 1 Batam berjalan dengan lancar. Sebanyak 473 siswa dari enam jurusan yang ada di sekolah tersebut dapat mengikuti jalannya ujian tanpa ada kendala, Senin (14/4/2014) pagi.

Mata pelajaran yang diujikan hari diyakini dapat dijawab oleh para siswa dengan baik. Sebab, soal UN tersebut hampir sama dengan soal-soal standar kelulusan yang sudah pernah diajarkan, dan yang diujikan pada soal try out.

Humas SMKN 1 Batam, Hanifah, M.Pd.t mengatakan pada saat pembagian Lembar Jawaban Kerja (LJK), siswa sempat mengalami keraguan. Pasalnya, ada kertas berlebih tepat di sisi barcode yang terdapat pada LJK itu.

"Ujiannya berjalan dengan lancar. Cuman sempat ada keraguan siswa karena ada kertas berlebih di samping barcode LJK. Tapi, masih tetap bisa digunakan, tak ada masalah setelah kita koordinasikan ke Dinas (Pendidikan)," jelasnya.

Ditambahkannya, siswa yang mengikuti ujian di SMKN 1 Batam berjumlah 473 orang, yang terdiri dari 26 rombongan belajar (rombel). Selama ujian berlangsung, kata dia para siswa tampak antusias tanpa ada keluhan.

"Soal tak ada yang kurang, semua kebagian. Bahkan ada satu yang sengaja dilebihkan sebagai cadangan," katanya.

Disinggung mengenai kendala yang sering dihadapi pada saat pelaksanaan UN, kata dia, biasanya hanya pada kehadiran siswa. Hal itu terjadi disaat siswa jatuh sakit atau mengalami musibah yang tak bisa dielakkan.

Siswa yang tak bisa mengikuti UN karena sakit, katanya akan dijemput jika memungkinkan atau ujian di rumah maupun di tempat menjalani pengobatan. Namun, jika tidak memungkinkan terpaksa mengikuti ujian susulan di Dinas pendidikan (Disdik) Batam, sesuai dengan yang dijadwalkan.

"Kita berharap semua siswa dapat mengikuti ujian," ujarnya.

Masih kata Hanifah, siswa SMKN 1 Batam diharapkan dapat lulus 100 persen dengan nilai di atas standar kelulusan rata-rata 5,5. Hal ini mengngingat upaya yang sudah dilakukan mendatangkan tenaga pembimbing belajar dan melakukan tiga kali try out.

"Hasil try Out murni, tingkat kelulusan mencapai 61 persen. Pada saat UN kita berharap lulus 100 persen," sebutnya.

Untuk diketahui, pada hari kedua UN tingkat SMK akan diujikan mata pelajaran Matematika dan hari ketiga yang diujikan dua mata pelajaran, yakni Bahasa Inggris serta Teori Produktif.

Editor: Dodo