Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

UN SMA Sederajat di Anambas Diikuti 520 Siswa
Oleh : Nursali
Senin | 14-04-2014 | 14:06 WIB
Anambas,_SMA_1_Siantan_sedang_mengikuti_UN.jpg Honda-Batam
Siswa SMA Negeri 1 Siantan sedang mengikuti proses ujian nasional.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Dinas Pendidikan Pemkab Anambas mencatat 520 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang mengikuti ujian nasional (UN) yang mulai dilaksanakan pada Senin (14/4/2014).

Dari 520 siswa tersebut, sebanyak 336 siswa SMA, 57 siswa Madrasah Aliah (MA), dan 103 siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas, Heriyanto, yang didampingi Sekertarisnya Riorizal, mengatakan, untuk sistem yang digunakan masih sama seperti pada tahun sebelumnya. Yakni dalam satu ruangan ada 20 paket soal. Sedangkan dalam satu ruangan juga hanya ada maksimal 20 siswa.

UN hari pertama, para siswa mengerjakan soal Bahasa Indonesia pada jam pertama dan pada jam keduanya mengerjakan soal Biologi untuk jurusan IPA dan Geografi untuk jurusan IPS

"Siswa mengerjakan solah Bahasa Indonesia pada jam pertama dan pada jam keduanya mengerjakan soal dari mata pelajaran Biologi untuk jurusan IPA dan Geografi untuk jurusan IPS. Untuk mengantisipasi siswa mencontek saat ujianberlangsung satu ruangan tidak ada satupun siswa yang mengerjakan soal UN yang sama antara siswa yang satu dengan siswa lainnya," kata Kepala Dinas Pendidikan Anambas, Herianto kepada wartawan, Senin(14/4/2014).

Herianto menambahkan, untuk kategori kelulusan juga masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni 60 persen dibanding 40 persen. 60 persen diambil dari nilai ujian nasional dan 40 persen sisanya dari nilai sekolah. Nilai terendah sebesar 4,0 sedangkan nilai rata-rata minimal harus 5,5.

"Jika nilai rata-rata kurang dari 5,5' maka siswa dinyatakan tidak lulus. Demikian juga jika ada salah satu nilai mata pelajaran kurang dari 4,0, siswa tersebut juga dinyatakan tidak lulus. Intinya ada nilai empat dalam satu mata pelajaran, maka pelajaran yang lainnya harus ada yang 7, supaya nilai rata-ratanya tidak kurang dari 5,5," ungkapnya.

Salah satu siswa SMA Negeri 1 Siantan, Suryadi, mengatakan soal UN tahun ini lumayan susah. Namun karena malu, ia tidak bersedia mengatakan banyak hal mengenai persiapannya dalam menghadapi UN. "Lumayan sulit, tapi mudah-mudahan saja jawaban saya benar," katanya.

Editor: Redaksi