Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

UN SMA Sederajat di Batam Diikuti 9.349 Siswa
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 14-04-2014 | 10:22 WIB
Andi-Agung-disdik.jpg Honda-Batam
Kabid Pendidikan Menengah Disdik Batam Andi Agung.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas  Pendidikan (Disdik) Kota Batam mencatat ada 9.349 siswa setingkat SMA yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN). Ribuan siswa ini ikut UN terhitung sejak hari ini, Senin (14/4/2014) sampai Rabu (16/4/2014)

Kabid Pendidikan Menengah Disdik Batam Andi Agung mengatakan ribuan siswa peserta UN itu merupakan pelajar dari 110 sekolah formal mereka terbagi dalam tiga jurusan berbeda yakni SMA negeri dan swasta 38 sekolah sebagai peserta UN 3.730 siswa

Selanjutnya 3.695 merupakan pelajar dari 37 sekolah SMK negeri dan swasta dan 379 merupakan Madeasah Aliyah (MA) di 13 sekolah sementara itu disusul oleh paket C yang akan dilaksanakan pukul 14.00 WIB dengan 21 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dengan jumlah 1.543 siswa

"Disdik sangat yakin ribuan siswa ini sudah siap melaksanakan UN pasalnya dari disdik maupun solah sudah memberikan pelatihan semacam try out," ujar Andi.

Andi mengatakan karena beberapa bulan sebelum pelaksanaan UN, para siswa ini telah mengikuti berbagai bimbingan belajar bahkan sepekan jelang UN banyak dari mereka yang menggelar doa bersama.

Namun demikian untuk soal UN  pihaknya memastikan tidak akan ada kebocoran, pasalnya setelah distribusikan, soal dan LJK itu diambil di Polsek setempat pada hari pertama pelaksananan UN, sesuai mata pelajaran yang diujikan. Sehingga sangat kecil tindak kebocoran tersebut.

"Sangat kecil tindak kebocoran soal UN, kita saja tidak tahu seperti apa bentuk soal, apa lagi guru sekolah," ujarnya.

Adapun mata pelajaran yang akan diujikan untuk SMA jurusan IPA adalah Bahasa Indonesia, Biologi, Matematika, Kimia, Bahasa Inggris dan Fisika. Untuk SMA jurusan IPS, yakni Bahasa Indonesia, Geografi, Matematika, Sosiologi, Bahasa Inggris dan Ekonomi.

"Untuk SMK adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejurusan," pungkasnya.

Editor: Dodo