Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Shaggydog Rilis Single 'POLJA (Politisi Obral Janji)'
Oleh : Redaksi
Jum'at | 11-04-2014 | 09:56 WIB
shaggy.jpg Honda-Batam
Shaggydog. (Foto: Rolling Stone)

BATAMTODAY.COM - Menyambut Pemilu 2014, Shaggydog meluncurkan single album mereka yang bernuansa politis.

"Mungkin ini lagu pertama kami yang mengandung unsur politis," ujar grup musik ska kebanggaan Yogyakarta, Shaggydog, dikutip dari Rolling Stone, Jumat (11/4/2014).

Apa yang menjadi subyek pernyataan tersebut adalah single teranyar mereka berjudul "POLJA (Politisi Obral Janji)" yang dirilis khusus demi menyambut pemilihan umum yang berjalan Rabu (9/4/2014) lalu.

Lagu ini diakui bukan hanya refleksi dari para personel Shaggydog, tetapi juga rakyat secara umum. Obrolan di angkringan menjadi inspirasi lagu "POLJA (Politisi Obral Janji)", karena "apa yang diobrolkan di angkringan biasanya adalah obrolan paling panas tentang situasi yang sedang terjadi."

Maka tak heran bila ada kesan tongkrongan pada lagu berbasis akustik ini, menimbulkan koneksi akrab antara lagu dengan pendengarnya. Gamblang, tanpa basa-basi.

Sudah jelas dari judulnya, "POLJA (Politisi Obral Janji)" memiliki tema lirik menyentil para politisi yang hobi mengumbar janji jelang pemilu. Seperti dapat disimak dalam potongan lirik: "Tunjukkan kami arti nurani/Angin perubahan di negeri/Yang kami butuh engkau tepat janji/Jangan hanya pas orasi."

Shaggydog kemudian memungkas, "Tentu saja sudah banyak lagu-lagu yang menyentil para politisi tersebut. Semoga lagu 'dendang politisi' ini dapat menambah keras sentilan tersebut."

Artwork untuk lagu ini digarap oleh seniman andal tanah air, Agan Harahap, yang meleburkan foto presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Lilik selaku kibordis Shaggydog.

Sumber: Rolling Stone