Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Manusia Pertama Terserang Penyakit Jantung
Oleh : Magid
Kamis | 19-05-2011 | 11:12 WIB
mumi-mesir.jpg Honda-Batam

Mumi Putri Ahmose Meryet Amon

Kairo, batamtoday - Apakah Anda tahu siapa penderita penyakit jantung pertama kali? tentu akan sulit menemukan jawaban tersebut, apalagi kesimpulan terakhir baru dibuat para ilmuwan yang kini mengeksplorasi sejumlah Mumi di Mesir.

Sejumlah dokter dari Universitas California berkerjasama dengan para ilmuwan Al Azar, baru-baru ini meneliti Mumi mendiang putri Ahmose Meryet Amon yang meninggal tahun 1580 SM atau lebih dari 3500 tahun lalu.

Demikian dikutip dalam Journal Kesehatan, Kami, 19 Mei 2011.

Hasil penelitian menyebutkan, Putri yang berasal dari keluarga terpandang di Mesir kala itu mengidap penyakit jantung kronis. Bahkan para peneliti percaya sang putri akan membutuhkan bypass jantung jika dia hidup sekarang.

Jika kesimpulan tersebut benar, makan dapat dipastikan penyakit jantung yang hari ini masih menjadi tantangan medis, sebenarnya ada sejak lebih dari 3500 tahun lalu.

Penelitian yang dipimpin Dokter Gregory Thomas tersebut dilakukan dengan cara memindai Mumi. Sasaran Scaning adalah organ dalam Mumi untuk melihat bagaimana kondisi Mumi kala masih hidup di jamanya.

Mereka telah menemukan bukti pengerasan pembuluh darah di hampir setengah mumi dipindai, para peneliti mengatakan pada konferensi medis di Amsterdam.

"Kami hanya mengatakan bahwa putri Mesir yang hidup 35 abad yang lalu menderita penyakit jantung, dan mungkin sejak saat itu penyakit ini menjadi bagian sejarah hidup manusia," ujar Gregory.