Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

India Jajaki Pengembangan Investasi di Batam
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 28-03-2014 | 13:45 WIB
Duta Besar India menyerahkan cendramata kpd wawako Batam.jpg Honda-Batam
Duta Besar India,Gurjit Singh, menyerahkan cenderamata kepada Wakil Wali Kota Batam, Rudi, dalam kunjungannya ke Batam, Jumat (28/3/2014).

BATAMTODAY.COM, Batam - Batam dinilai sebagai kota yang strategis dan terus berkembang sebagai kota industri dan perdagangan. Itulah yang mendasari kunjungan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia, Gurjit Singh, didampingi Konsul Jendral India di Medan, Basir Ahmed, ke Batam, Jumat (28/3/2014).

Keduanya diterima Wakil Wali Kota Batam, Rudi, beserta pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam di kantor wali kota. Pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu lebih banyak membahas mengenai investasi dan ekonomi.

Gurjit Singh menyatakan terkesan dengan keramahan dan kenyamanan yang ditunjukkan oleh masyarakat Batam dan pemerintah daerah, khususnya iklim investasi bagi perusahaan maupun pekerja asal India di Batam.

"Batam seperti layaknya rumah bagi begitu banyak warga India, termasuk perusahaan asal India di Batam. Kenyamanan yang diberikan membuat ratusan warga India sangat senang tinggal di sini," ujar dubes yang hampir dua tahun bertugas di Indonesia ini.

Dia menyampaikan, ada 16 perusahaan asal India yang berinvestasi di Batam. Melalui Forum Bisnis India di Jakarta, dia berencana membawa delegasi India untuk berkunjung ke Batam agar memahami peluang-peluang usaha di Kota Batam dalam upaya penambahan nilai investasi di Batam.

"Kami tertarik dengan lokasi Batam yang strategis dan berdekatan dengan Singapura. Kami akan kembali dan ke depan. Kerja sama ekonomi India dan Batam akan ditingkatkan," kata Gurjit Singh.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam, Rudi, menyambut gembira rencana pengembangan investasi India di Batam. Menurutnya, merupakan kewajiban utama Pemko untuk menjamin situasi Batam tetap kondusif. Caranya dengan menyelenggarakan kota yang nyaman untuk ditinggali.

Dengan demikian, diharapkan para investor juga merasa aman dan nyaman menanamkan modalnya di Batam. "Harapan kami investasi India di Batam akan terus meningkat dan kami siap menyambut investor untuk berinvestasi di Batam," harap Rudi.

Di Batam, Duta Besar  dan Konsul India juga akan menghadiri latihan militer bersama, Multilateral Naval Exercise Komodo 2014, yang dihadiri angkatan laut dari 17 negara yang digelar pada 29 Maret hingga 5 April 2014 di Batam, Kepulauan Anambas, dan perairan Natuna. (*)

Editor: Roelan