Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Volkswagen Bakal Produksi Mobil Murah Seharga Rp90 Jutaan
Oleh : Redaksi
Kamis | 27-03-2014 | 10:26 WIB
Volkswagen-Up.jpeg Honda-Batam

PKP Developer

Voklswagen Up, yang lebih dulu dirilis.

BATAMTODAY.COM - SEJUMLAH produsen otomotif sudah menyiapkan mobil murahnya. Tak ketinggalan, Volkswagen Group juga ingin memantapkan kiprahnya ke segmen produk kelas menengah ke bawah ini setelah sebulumnya meluncurkan VW Up.

Dilaporkan Reuters, dewan eksekutif VW Group akan segera mengamini keputusan mengenai mobil entry-level dalam minggu ini. Seorang juru bicara VW memaparkan, mobil murah yang akan diproduksi dan dijual di Cina ini rencananya "hanya" seharga 6,000-8,000 euro atau sekitar 94 - 125 juta rupiah mulai 2016. Sementara model Up hanya dibanderol sekitar 4.000 euro atau sekitar Rp63 juta.

Menurut analis industri, Dave Sullivan dari AutoPacific, kunci ini pasar entry-level adalah menciptakan mobil yang dibangun untuk kebutuhan pengguna. "Seperti yang kita lihat dari Tata Nano meniadakan semua itu, meskipun biaya produksinya yang rendah tidak mesti membuat orang untuk membelinya," katanya kepada Autoblog.

"Sebenarnya ada permintaan besar untuk transportasi yang terjangkau dan dapat diandalkan," kata Sullivan.

Ia percaya VW mungkin menghadapi tantangan karena pada saat model baru sudah siap, akan menghadapi persaingan dari Datsun dan merek Cina yang berekspansi ke pasar negara berkembang. (*)

Editor: Roelan