Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Reggy Tielman, Anggota The Tielman Brothers Terakhir Tutup Usia
Oleh : Redaksi
Senin | 17-03-2014 | 11:47 WIB
reggy-tielman-360.jpg Honda-Batam
Reggy Tielman. (Foto: Rolling Stone)

BATAMTODAY.COM - Reggy Tielman, mantan gitaris dan vokalis sekaligus anggota terakhir yang masih tersisa dari The Tielman Brothers – band legendaris keturunan Indonesia yang menjadi pionir indorock di Belanda dan Eropa sejak dekade akhir '50-an– baru saja menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (12/3/2014) lalu di Amsterdam, Belanda. Usianya 80 tahun.


Belum diketahui penyebab meninggalnya Reggy Tielman, namun momen duka ini belumlah genap tiga tahun dari berpulangnya pentolan The Tielman Brothers, Andy Tielman pada 10 November 2011 silam.

Menilik riwayat The Tielman Brothers, satu-satu dari personel mereka telah tutup usia mulai dari Jane Tielman pada 1993, disusul drummer Loulou Tielman di Australia setahun kemudian. Sementara Pemain bas Ponthon Tielman sendiri meninggal di Jember, Jawa Timur pada tahun 2000 silam.

Kabar tentang berpulangnya Reggy Tielman ini pertama keluar dari akun Facebook Patrick Kerger, gitaris band Indorock asal Belanda, Tjendol Sunrise, yang mengaku begitu terinspirasi The Tielman Brothers.

Ia menulis, "Baru saja berpulang beberapa waktu lalu... Disamping seorang pemain gitar hebat, Reggy Tielman merupakan salah satu pionir musik pop Belanda."

Nama The Tielman Brothers resmi mereka gunakan pada tahun 1957, dengan paduan musik country, rock and roll dan pengaruh keroncong yang membahana.

Namun yang mungkin paling tak bisa lepas dari ingatan publik ialah aksi panggung spektakuler mereka, terutama atraksi akrobatik Andy Tielman bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan. 

"Anggota terakhir dari grup legendaris itu kini telah berkumpul kembali dengan saudara-saudaranya, dan saya yakin mereka akan segera bermain rock kembali di sana. Ungkapan rasa belasungkawa saya untuk sahabat dan keluarganya," tukas Kerger. "Terimakasih untuk semua kenangan hebat itu dan beristirahatlah dengan tenang Reggy. Saya merindukanmu."

Sumber: Rolling Stone