Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Jamin Buah yang Dijual di Tanjungpinang Bebas Formalin
Oleh : Agus Haryanto
Kamis | 13-03-2014 | 11:24 WIB
buah-buahan.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang menjamin buah-buahan yang dijual di Tanjungpinang aman dan bebas dari formalin.

"Kita pastikan buah-buahan yang dijual warga di pinggir jalan dan di swalayan aman dikonsumsi dan bebas dari formalin," kata Rustam, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Kamis (13/3/2014).

Rustam mengatakan, tim Dinas Kesehatan berkali-kali melakukan pemeriksaan secara mendadak, dan melakukan pemeriksaan di laboratorium. Hasilnya, tidak ditemukan tanda-tanda campuran bahan yang berbahaya.

Meskipun aman, Rustam tetap mengimbau warga agar teliti dalam membeli buah. Jika terdapat buah-buahan yang mencurigakan, warga dapat melaporkanya ke Dinas Kesehatan untuk segera ditindaklanjuti.

"Buah-buahan yang masuk ke Tanjungpinang biasanya harus disortir terlebih dahulu," imbuhnya.

Mengenai buah yang dijual di pasar swalayan hingga lebih tahan lama, Rustam memastikan tidak ada kandungan formalin untuk mengawetkannya. "Mungkin pupuk yang digunakan petani saat menanam buah tersebut menggunakan pupuk yang bagus sehingga buahnya bagus pula dan tahan lama," terangnya. (*)

Editor: Roelan