Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

All New Toyota Yaris Akan Diluncurkan 17 Maret
Oleh : Redaksi
Rabu | 12-03-2014 | 10:18 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM), Agen Pemegang Merek (APM) produk Toyota di Indonesia, akan meluncurkan All new Toyota Yaris akan diluncurkan pada Senin (17/3/2014) mendatang. 

Sebagaimana diketahui, all new Toyota Yaris akan dirakit di Indonesia, tepatnya di pabrik terbaru perakitan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang Barat, Jawa Barat, dan akan dipasarkan pada semester pertama tahun 2014.  Namun, masih ada komponen penting di tubuh all new Toyota Yaris yang masih diimpor.

Komponen tersebut adalah mesin bertipe NZ yang dipakai oleh all new Toyota Yaris. “Mesin masih kita impor dari Thailand,” ujar Masahiro Nonami, Presiden Direktur TMMIN kepada autocarindonesia.com.

Alasan masih diimpornya mesin aluminium ini karena terkait bahan bakunya yang belum tersedia di Indonesia. "Untuk pembuatan cangkang mesin, kami tidak memakai alumunium murni buatan Inalum (PT Indonesia Asahan Alumunium)," ucap Masahiro Nonami. 

"Harganya mahal. Bahan baku yang kami gunakan terbuat dari perangkat radiator dan silinder daur ulang," jelasnya. "Di Indonesia belum ada pabrik semacam ini, akhirnya bahan baku pembuatan mesin masih harus diimpor," imbuhnya.

Dari dimensinya, tidak ada perbedaan dengan Yaris yang lebih dahulu diluncurkan di Thailand. Hatchback ini memiliki sumbu roda yang sama dengan Vios sedan, yakni 2.550 mm. Namun berbeda dengan all new yaris di Thailand, Yaris besutan Indonesia akan memakai mesin 1,5 liter yang lebih bertenaga, dan tersedia dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis empat percepatan.

Pada sektor keselamatan, Yaris terbaru memakai dual airbag, ABS, EBD, BA dan sabuk pengaman dengan pretensioner dan force limiter. Sisanya hampir sama dengan Vios seperti headlamp proyektor, keyless entry dengan push start button, steering wheel mounted audio control dan acoustic windshield pada varian tertinggi.  

Tetapi pada saat diluncurkan, Toyota Yaris dan Vios memang masih memakai mesin yang berasal dari Thailand (tipe NZ). Pun demikian, menurut informasi yang kami gali, pabrik mesin Toyota di Karawang akan memproduksi mesin bertipe NR menggunakan bahan baku alumunium impor. 

Mesin bertipe NR terbuat dari aluminium, dan sudah dipakai oleh Toyota Etios (3NR-FE). Kemungkinan Toyota Vios serta Yaris terbaru akan memakai mesin 4NR-FE atau 5NR-FE yang berkapasitas lebih besar dan lebih bertenaga.

Toyota Yaris terbaru memiliki (pxlxt) 4.115 x 1.700 x 1.475 mm, dengan sumbu roda 2.550 mm. Jarak pijak depan 1.470 mm, dan 1.460 mm di belakang. Ground clearance 136 mm, dengan bobot mencapai +/- 1.040 kg (tipe G) dan +/- 1.010 kg untuk tipe terendah.

Di sektor kaki-kaki, Toyota Yaris terbaru memakai suspensi depan MacPherson strut dengan stabilizer. Di belakang memakai torsion beam dengan per keong. (*)

Sumber: autocarindonesia.com