Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Suara Bising Bisa Pengaruhi Perilaku Ikan
Oleh : Redaksi
Rabu | 12-03-2014 | 09:50 WIB

BATAMTODAY.COM - JANGAN dekatkan pengeras suara di akuarium yang berisi ikan. Suara bising bisa menyebabkan ikan makan lebih sedikit dan stres.

Demikian menurut penelitian baru dari Universitas Bristol dan Universitas Exeter seperti yang disampaikan dalam rilisnya. Namun, cara yang menyebabkan ikan menjadi lebih sedikit makan berbeda antara dua yang diuji.

Jika terpapar suara bising, three-spined-stickleback, salah satu spesies ikan asli dari Amerika Utara yang diuji, lebih sering membuat kesalahan saat mencari makan. Sedangkan ikan kecil Eropa cenderung lebih sering "berinteraksi sosial" dengan teman mereka ikan atau malah mengurangi aktivitasnya.

Penulis utama Dr Irene Voellmy, dari Bristol School of Biological Sciences, dan rekan, menggunakan percobaan laboratorium untuk menyelidiki bagaimana perilaku stickleback dalam mencari makan dan perubahan perilaku ikan kecil dalam menanggapi rekaman suara bising sebuah kapal. Suara kapal itu adalah salah satu kebisingan yang paling umum dihasilkan manusia di lingkungan perairan dan potensi efek merugikan semakin memprihatinkan.

Dalam dunia nyata, penurunan asupan makanan dalam menanggapi kebisingan itu bisa mengganggu tingkat pertumbuhan, kelangsungan hidup dan keberhasilan penangkaran. Ikan menghabiskan banyak waktu untuk mencari makan dengan kompensasi meningkatnya risiko untuk disantap predator lain. Selain itu juga mengurani si ikan untuk melakukan kegiatan lainnya.

Selain itu, ikan yang lebih banyak membuat kesalahan saat mencari makan bila terkena suara bising akan berisiko keracunan sehingga akan berdampak pada kebugaran dan kelangsungan hidup mereka.

Dr Voellmy mengatakan, "Sejak stickleback dan ikan kecil menunjukkan respon yang berbeda terhadap suara, ini menunjukkan bahwa spesies ikan dapat terkena dampak yang berbeda."

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Animal Behaviour. (*)

Editor: Roelan