Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penuhi Kebutuhan Guru, Pemko Tanjungpinang Kuliahkan Siswa SMK
Oleh : Habibi
Rabu | 12-03-2014 | 08:08 WIB
lis_darmansyah_lks_smk.JPG Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang akan menguliahkan siswa-siswi SMK yang berprestasi untuk selanjutnya menjadi guru. 

Siswa-siswi berprestasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) rayon Kota Tanjungpinang akan disekolahkan dan akan diambil menjadi guru di Tanjungpinang.

"Guru sekolah kejuruan ini agak sulit. Karena itu kita akan berdayakan siswa kita. Kita akan kuliahkan mereka, dan setelah tamat di jenjang S1, kita tarik kembali untuk menjadi guru," kata Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, saat membuka Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK, belum lama ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Dadang AG, mengakui, program beasiswa itu sudah diprogramkan. Bahkan sudah ada beberapa siswa yang dikuliahkan.

"Program ini memang sudah berjalan. Ada beberapa siswa SMKN 3 yang sudah kita sekolahkan, dan memang setelah selelsai S1 mereka harus wajib mengabdi kepada daerah," terang Dadang.

Hanya saja Dadang mengaku lupa jumlah siswa SMK yang telah dikuliahkan oleh Pemko Tanjungpinang. Yang jelas, katanya, Pemko sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di dalam maupun di luar negeri.

"Saya juga lupa untuk dalam negeri itu di mana saja, namun untuk luar negeri kita menyekolahkan mereka di Malaysia," terang Dadang.

Dia mengakui, program ini sebaai mengantisipasi memenuhi kebutuhan tenaga guru khusus SMK dalam beberapa tahun ke depan. (*)

Editor: Roelan