Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bright PLN Batam dan PLN Persero Kepri Kerjasama Jual Beli Tenaga Listrik
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 11-03-2014 | 13:37 WIB
peresmian pltg.jpg Honda-Batam
Gubernur Muhammad Sani dan Dirut PT PLN Batam melakukan penanaman pohon sebagai tanda diresmikannya PLTMG di Kijang, Bintan.

BATAMTODAY.COM, Batam - PT PLN Batam (bright PLN Batam) dan PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (PLN WRKR) telah melakukan kerjasama jual beli tenaga listrik dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG).

Presiden Direktur bright PLN Batam, Dadan Kurniadipura mengatakan, PLTMG ini, memanfaatkan potensi gas yang ada di Pulau Batam untuk dikemas dalam tabung-tabung skid tube Compressed Natural gas (CNG).

"Kemudian ditransportasikan melalui transportasi laut (CNG Marine Carrier) Landing Craft Tank (LCT) ke Pulau Bintan," kata Dadan sebelum peresmian penambahan pasokan listrik PT PLN (Persero) Cabang Tanjung Pinang sebesar 6 MW dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berbasis CNG Marine Tokojo, Kijang Pulau Bintan sebagai bentuk kerjasama bright PLN Batam dengan PLN Persero Kepri, Selasa (11/3/2014).

Lebih lanjut dikatakan Dadan, konsep CNG Marine ini merupakan proyek yang pertama dilakukan di Indonesia bahkan mungkin dunia.

"Dikatakan pertama karena sistem pengangkutan CNG selama ini tidak pernah melalui laut. Dan kita lah yang pertama membawa menggunakan transportasi laut," pungkasnya.

Penambahan pasokan listrik ini diresmikan Gubernur Kepri, Muhammad Sani ditandai dengan penekanan sirine, penurunan tutup selubung papan dan penanaman pohon di lokasi.

Editor: Dodo