Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bank Indonesia Apresiasi Perkembangan UMKM
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 08-03-2014 | 15:17 WIB
seminar_bi.jpg Honda-Batam
Gubernur BI Agus Martowardojo bersama sejumlah pembicara dalam seminar Meningkatkan Daya Saing Bagi UMKM dan Wirausaha Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean di Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Bank Indonesia (BI) mengapresiasi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pasalnya, keberadaan UMKM di negara ini memberikan banyak lapangan kerja serta menumbuhkan perekonomian di Indonesia.

"Kita ingin menyampaikan apresiasi kepada UMKM. Karena memberikan lapangan kerja yang besar dan pertumbuhan ekonomi Indonesia," ungkap Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, saat Seminar Nasional Meningkatkan Daya Saing Bagi UMKM dan Wirausaha Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Sabtu (8/2/2014).

Tidak hanya itu, dirinya mengharapkan UMKM menjadi motor daya saing apabila terjadi MEA. Pihaknya menyakini UMKM merupakan andalan bagi ekonomi di negara ini. "Tahun lalu pertumbuhan ekonomi kita 5,8 persen. Untuk dunia, pertumbuhan Indonesia kedua terbaik dari anggota G20," paparnya lagi.

Agus menjelaskan, pada 2014, situasi perekonomian Indonesia jauh lebih baik. Dibandingkan negara-negara berkembang lainnya, Indonesia harus dapat mempertahankan dan memperkuat UMKM, agar memberikan pertumbuhan ekonomi bagi Indonesia.

"Kebijakan BI untuk UMKM, adalah prioritas di stabilitas harga. Namun BI, mau tidak mau harus memperhatikan ekonomi UMKM dan itu diawali kegiatan BI secara jangka menengah dan pendek. Di organisasi BI, kita juga membangun departemen khusus untuk mengembangkan UMKM dan kita melaksanakan program-program UMKM yang terkait langsung dengan atau sektor yang berpengaruh kepada inflasi," jelasnya.

Editor: Dodo