Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Keberatan Tarif Listrik Naik, Kadin Rapat Koordinasi dengan PLN Batam
Oleh : Hendra Zaimi
Jum'at | 07-03-2014 | 17:27 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Segenap pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam menggelar rapat koordinasi dengan perwakilan PT PLN Batam, mereka menyampaikan keberatan tentang rencana kenaikan tarif listrik di Batam di tahun 2014 ini, Jumat (7/3/2013) di Kantor Kadin Batam di Batam Centre.

Sebagaimana diketahui PLN Batam berencana menaikan tarif listrik sebesar 17,19 persen kepada pelanggan yang diterapkan dalam Penyesuian Tarif Listrik Berkala (PTLB). Rencana tarif listrik ini mendapat penolakan keras dari seluruh elemen masyarakat termasuk Kadin Batam.

Perwakilan PT PLN Batam dihadiri Agus Subekti, sempat terjadi bermacam perdebatan dan argumen tentang rencana kenaikan tarif listrik ini baik dari pengurus Kadin Batam dan wakil PLN dalam rapat koordinasi ini.

"Atas dasar apa PLN Batam menaikan tarif listrik. Jangankan masyarakat biasa, Kadin juga sangat keberatan dengan rencana ini. PLN harus transparan dalam permasalahan ini," kata Ketua Kadin Batam, Ahmad Maruf Maulana.

Senada disampaikan pengurus lainnya, Hetdin Manurung, yang mengatakan PLN Batam seharusnya mengkaji ulang rencana ini, karena dinilai sangat memberatkan masyarakat umum dan pelaku usaha bisnis.

"Kami berharap PLN Batam mengkaji ulang masalah ini, ini sangat memberatkan masyarakat dan pelaku industri. Jika tarif PLN naik, yang lain akan otomatis ikutan naik," jelasnya.

Terlebih tarif listrik akan naik di tahun 2014 ini yang juga merupakan tahun politik. "Ini tahun politik, jika PLN menaikan tarif listrik akan berpengaruh dalam pelaksanaan pesta demokrasi di Batam. Gangguan keamanan mungkin saja bisa terjadi, masalah ini besar pengaruhnya," kata Johnson Doli Zebua, pengurus Kadin lain.

Sementara itu, Agus Subekti, perwakilan PLN Batam mengatakan adapun indikator rencana kenaikan tarif listrik ada tiga, yakni faktor inflasi, kenaikan harga energi primier dan kurs dolar. "Tiga indikator tersebut adalah alasan PLN Batam menaikan tarif listrik, untuk penjelasan akan disampaikan direksi PLN Batam dalam pertemuan nanti," kata Agus.

Pertemuan Kadin Batam dengan perwakilan PLN Batam hanya rapat koordinasi saja, sebab semua yang akan dipertanyakan tentang keberatan naiknya tarif listrik akan disampaikan direksi PT PLN Batam dalam waktu dekat kepada pengurus Kadin Batam.

Editor: Dodo