Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebelas Buruh Di-PHK Sepihak, PT Mc Connel Didemo
Oleh : Gokli Nainggolan
Rabu | 05-03-2014 | 18:01 WIB
Sei Beduk-20140305-01966.jpg Honda-Batam
Aksi demo para buruh di PT Mc Connel. (Foto: Gokli Nainggolan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan buruh anggota Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) melakukan aksi demo di depan PT Mc Connel Dowell, di Seibinti, Kecamatan Sagulung, Rabu (5/3/2014). Aksi itu dilakukan menyusul dipecatnya 11 orang buruh oleh pihak perusahaan, bahkan tanpa diberikan pesangon.

Informasi yang diperoleh dari buruh, selain 11 orang, sudah banyak buruh lain yang di-PHK sepihak. Bahkan, PHK itu juga dilakukan pada 2013 lalu.

"Sudah berkali-kali dilakukan perundingan tapi tak ada hasil, dari tahun 2013 sampai sekarang," kata Harianto, salah soerang buruh.

Perundingan pertama dilakukan sekitar April 2013 lalu. Bahkan, perundingan dilakukan kembali pada Juli 2013, namun hasilnya pihak manajemen tetap tidak mengakomodir tuntutan buruh yang di-PHK.

Bahkan, lanjutnya, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam juga sudah mengeluarkan nota anjuran yang menyatakan agar buruh yang di-PHk sepihak dipekerjakan kembali. Hanya saja, nota anjuran Disnaker Batam tak dihiraukan pihak perusahaan.

Dalam orasinya, para buruh itu meminta managemen PT Mc Connel Dowell untuk memenuhi hak-hak buruh. Selain mempekerjakan kembali 11 orang yang di-PHK sepihak, hak-hak lainnya juga harus dipenuhi.

Sampai aksi demo berakhir pihak, managemen tidak datang menemui buruh. Disebut-sebut, managemen di perusahaan itu sedang berhalangan sehingga yang hadir hanya beberapa staf yang sama sekali tidak bisa mengambil keputusan.

"Buruh yang demo itu ditemui beberapa staf saja. Belum tahu seperti apa lanjutannya. Tapi, aksi itu berlangsung tertib," kata seorang tenaga sekurit di perusahaan itu. (*)

Editor: Roelan