Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tipu Jamaah Masjid, Pria Ini Dilaporkan ke Polisi
Oleh : Hendra Zaimi
Senin | 03-03-2014 | 14:30 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang pria berinisial RH (35), terpaksa harus mendekam di sel tahanan Polsek Lubuk Baja, Senin (3/3/2014). Lelaki berbadan kurus dan berkulit putih ini dilaporkan jamaah Masjid Istiqomah, Batu Batam, atas kasus penipuan.

Pelaku ditangkap oleh Aspan Siregar, salah seorang jamaah masjid sesaat keluar dari sebuah hotel di kawasan Nagoya sekitar pukul 9.00 WIB, sebelumnya dia sempat membooking cewek dan cek in di hotel tersebut dengan uang sumbangan dari jamaah Masjid Istiqomah.

Kejadian berawal ketika pelaku mendatangi Masjid Istiqomah jelang shalat maghrib pada Minggu (2/3/2014). Pengakuannya kepada imam dan jamaah masjid, dia adalah seorang mualaf dan baru memeluk agama Islam sekitar empat bulan yang lalu.

Selama di Batam, RH mengaku tinggal di masjid, dan selalu berpindah-pindah dari satu masjid ke masjid lainnya. Bahkan di Batam, RH mengaku tak memiliki sanak keluarga dan tinggal seorang diri.

Pelaku bercerita tentang kehidupan pribadinya setelah memeluk Islam yang penuh dengan pro dan kontra dari anggota keluarga, dan mengaku akan memperdalam agama Islam dengan masuk pesantren ke Jember, Jawa Timur.

"Dia mengaku baru masuk Islam, lalu curhat ke jamaah dan mengatakan akan memperdalam agama Islam ke Jawa," kata Endan Lubis, salah seorang jamaah

Jamaah yang ada di masjid saat itu terharu dengan cerita pelaku, lanjut Endan, kemudian jamaah berinisiatif mengumpulkan uang untuk memberikan sumbangan bagi RH agar bisa melanjutkan mendalami agama Islam ke pesantren.

"Uang sumbangan dari jamaah terkumpul sebesar 4,5 juta, dan langsung diberikan kepada RH," ujar Endan.

Uang sumbangan dari jamaah terkumpul setelah shalat Isya. Usai menjalankan shalat berjamaah, RH pamit ke jamaah masjid dan akan berangkat ke Jawa untuk memperdalam ilmu Islam.

Namun apa yang disampaikan RH hanya bohong belaka. Bukan belajar ilmu Islam di pesantren, tapi dia kepergok bersama seorang wanita seksi sedang cek in di hotel.

"Yang memergoki adalah Pak Aspan, jamaah masjid yang ikut menyumbang uang ke pelaku, kebetulan dia sopir yang kebetulan sedang mangkal sekitar TKP," jelasnya.

Asvan lantas menghubungi jamaah lain, dan langsung menangkap pelaku dan membawa ke Mapolsek Lubuk Baja untuk mempertanggungjawabkan atas kasus penipuan kepda jamaah Masjid Istiqomah.

Editor: Dodo