Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Alasan Mengapa Cokelat Hitam Baik untuk Jantung
Oleh : Redaksi
Senin | 03-03-2014 | 09:47 WIB

BATAMTODAY.COM - Ilmuwan sudah menemukan alasan mengapa cokelat hitam baik bagi kesehatan. Cokelat hitam membantu mengembalikan fleksibilitas arteri dan juga mencegah sel-sel darah putih menempel pada dinding pembuluh darah. 

Pengerasan arteri dan adhesi sel darah putih merupakan faktor yang diketahui memainkan peran penting dalam aterosklerosis. Aterosklerosis adalah sebuah gangguan umum di mana terjadi pengerasan arteri.

Terlebih lagi, para ilmuwan juga menemukan bahwa peningkatan kandungan flavanol pada coklat hitam tidak mengubah efek tersebut (aterosklerosis). Penemuan ini telah diterbitkan dalam FASEB Journal.

"Kami memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang dampak konsumsi cokelat dalam kesehatan pembuluh darah dan menunjukkan bahwa peningkatan kadar flavanol tidak menambahkan efek menguntungkan pada kesehatan pembuluh darah," kata Diederik Esser PhD, seorang peneliti yang terlibat dalam pekerjaan dari Lembaga Pangan dan Gizi dan Wageningen University, Divisi Nutrisi Manusia di Wageningen, Belanda. 

"Namun, peningkatan kadar flavanol ini jelas mempengaruhi rasa dan dengan demikian motivasi untuk makan cokelat ini. Jadi sisi gelap dari cokelat adalah salah satunya untuk kesehatan," imbuh Esser seperti dilansir Science Daily.

Esser dan rekan menganalisis 44 pria setengah baya yang kelebihan berat badan lebih dari dua periode selama empat minggu karena mereka mengonsumsi 70 gram cokelat per hari. Mereka diberikan cokelat hitam dengan kandungan flavanol yang tinggi atau cokelat yang diproduksi secara teratur. Kedua cokelat memiliki massa kakao yang sama. 

Sebelum dan setelah kedua periode intervensi, peneliti melakukan berbagai pengukuran yang merupakan indikator penting dari kesehatan pembuluh darah. Selama studi, para peserta disarankan untuk menahan diri dari mengonsumsi produk makanan padat berernergi tertentu untuk mencegah kenaikan berat badan. 

Para ilmuwan juga mengevaluasi sifat sensorik dari cokelat flavanol tinggi dan cokelat biasa dan mengumpulkan skor motivasi peserta untuk makan cokelat ini selama masa intervensi.

Cokelat hitam adalah jenis cokelat yang baik dikonsumsi sehari-hari. Pada umumnya cokelat hitam dijual dalam bentuk batangan dan umumnya memiliki kadar cocoa antara 45-85 persen. Cokelat ini berwarna hitam dan agak pahit karena mengandung antioksidan flavonoid.

Mengkonsumsi sekitar 150 kalori cokelat yang mengandung 60 persen kandungan cocoa bisa menjadi bagian diet sehat untuk jantung bagi orang yang berisiko. Dengan mengkonsumsi cokelat hitam secara teratur kita bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL), tekanan darah serta melindungi pembuluh darah. Kondisi ini meningkatkan kolesterol baik dan fungsi kognitif dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

Selain itu cokelat juga bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik karena adanya komponen nitrit oxide dalam aliran darah. Produksi nitric oxide ini juga bisa membantu laki-laki yang mengalami disfungsi seksual. (*)

Editor: Roelan