Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Kepri Tinjau Tiga Proyek Investasi di Batam yang akan Diresmikan Presiden SBY
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 03-03-2014 | 07:48 WIB
MENTIGO_RESORT_(1).JPG Honda-Batam
Gubernur Kepri dan rombongan mendapat penjelasan dari pihak Mentigo Resort di Nongsa. (Foto: Humas Pemprov)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), HM Sani, meninjau tiga proyek investasi di Batam yang rencananya akan diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Minggu (2/3/2014) kemarin. Peresmian proyek investasi ini merupakan rangkaian kunjungan Presiden SBY saat membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional XXV pada 5 - 14 Juni 2014.

Melalui rilis yang diterima BATAMTODAY.COM dijelaskan, ketiga proyek yang dikunjungi, antara lain Montigo Resort di Nongsa, PT Caterpillar Indonesia Batam di Tanjunguncang, dan Kawasan Wisata Fantastic Island di Kecamatan Belakangpadang.

Dalam kunjungannya, Ggubernur HM. Sani didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Robert Iwan Loriaux, Kepala Dinas Pariwisata Guntur Sakti, Kepala BPMD Buralimar, Kadisperindag SM Taufik, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Hukum Syamsyul Bahrum, Karo Humas Protokol Heri Mokhrizal, dan Kadis Pariwisata Kota Batam Yusfa Hendri.

Di Montigo Resort, Sani dan rombongan mendapat penjelasan mengenai resor terbaru di Batam yang sudah mulai beroperasi itu. Selesai berdialog dengan pengelola hotel, Sani dan rombongan menuju ke lokasi PT Cetarpillar Indonesia Batam (CIB), di Tanjunguncang. 

Kehadiran Gubernur disambut GM PT CIB, Ahmad Armani. Perusahaan alat berat yang berinvestasi sekitar 162 juta dolar Amerika itu saat ini baru memperkerjakan 94 orang. Namun, jika aktivitas sudah maksimal, diperkirakan akan menyerap tenaga kerja hingga 600 orang. Saat ini PT CIB telah melakukan ekspor perdana alat berat mereka ke Newmoon serta Mongolia.

Usai mengunjungi PT CIB, Sani melakukan peninjauan di kawasan wisata Funtasy Island, Belakangpadang. Menggunakan kapal dari pelabuhan Tanjunguncang, rombongan gubernur bergerak menuju Air Manis, salah satu dari tujuh pulau yang akan dikembangkan sebagai kawasan wisata ini. Pengembangan kawasan ini diperkirakan telah disuntikkan investasi hingga Rp4 triliun. 

Selain tiga proyek investasi tersebut, sejumlah tempat juga akan diusulkan untuk diresmikan dalam rangkaian kegiatan MTQ nasional nanti, di antaranya Nagoya Citi Walk, enam jembatan di Pulau Bintan dan lainnya.

Usai meninjau, Sani langsung menggelar rapat dengan Sekda dan sejumlah SKPD yang ikut dalam kunjungan di Kedai Makan Mak Munah, Tanjungriau. Sani menekankan kesempurnaan pelaksanaan berbagai iven dalam rangkaian MTQ Nasional ini. Termasuk kesiapan rapat koordinasi yang dipimpin Menko Kesra Agung Laksono di Jakarta pada Selasa (4/3/2014). Rapat ini selain diikuti Kepri sebagai tuan rumah MTQ Nasional juga diikuti 16 kementerian. (*)

Editor: Roelan