Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wamen ESDM RI akan Carikan Solusi untuk Penuhi Kebutugan Gas PLTG Batam
Oleh : Gokli Nainggolan
Sabtu | 01-03-2014 | 15:46 WIB
IMG_20140301_105229.jpg Honda-Batam
Wamen ESDM, Susilo Siswoutommo, bersama Kepala BP Batam, Mustofa Widjaya. (Foto: Gokli Nainggolan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo, mengapresiasi keberanian Bright PT PLN Batam membangun PLTG. Sebab, inovasi dengan memanfaatkan gas itu dapat menghemat kebutuhan BBM jenis solar yang disubsidi negara.

"Ini merupakan inovasi yang bagus. Akan kita cari jalan untuk kebutuhan gas," katanya di sela-sela soft launching pembangunan lima proyek infrastruktur ketenagalistrikan di Batam, Sabtu (1/3/2014) siang.

Menurutnya, inovasi Bright PT PLN Batam memanfaatkan gas untuk pembangkit listrik akan dipakai menjadi acuan program pemerintah dalam menerangi pulau-pulau terluar di seluruh Indonesia. Karena, selain dapat menerangi pulau-pulau terluar Indonesia, pemanfaatan gas juga dapat mengurangi beban subsidi pemerintah untuk mesin diesel sebanyak 4,6 juta kiloliter.

"Dulu pembelian gas ini dilakukan di saat beban puncak saja. Tapi, PLN Batam dapat melakukan penyimpanan selama beban rendah, yang kemudian disalurkan kembali menerangi pulau terluar Batam. Ini sangat bagus," puji Susilo.

Dia juga mengapresiasi pemerintah daerah yang telah mempermudah perizinan bagi PLN. Diharapkan, upaya Pemerintah Kota Batam maupun Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau ini dapat dicontoh pemerintah daerah lainnya. "Ini merupakan sinergi antara PLN dengan pemerintah. Saya sangat mengapresiasi itu," katanya. (*)

Editor: Roelan