Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

T-Roc, SUV Terbaru yang Akan Diluncurkan Volkswagen
Oleh : Redaksi
Sabtu | 01-03-2014 | 12:26 WIB

BATAMTODAY.COM - Volkswagen (VW) sudah berancang-ancang meluncurkan VW T-Roc concept, SUV kompak terbaru di Geneva Motor Show yang berlangsung mulai Maret 2014. Kabarnya, SUV ini diluncurkan untuk 'membungkam' Nissan Juke, Renault Captur dan Vauxhal Mokka.

Volkswagen T-Roc adalah bagian dari lima SUV masa depan Volkswagen yang sedang dikembangkan oleh perusahaan asal Wolfsburg, Jerman itu. Eksterior T-Roc menampilkan evolusi DNA gaya SUV terkini dari VW, dan menampilkan grille baru yang didesain untuk memberi tampilan lebih aerodinamis dari SUV VW yang ada saat ini.

Berbasis Audi Q1, T-Roc memakai rumah lampu depan terintegrasi ditambah lampu LED. Hal unik juga dilakukan oleh Volkswagen dengan memberi konsep ini panel atap yang bisa dicopot dan disimpan di bagasi layaknya targa (Porsche).

T-Roc memiliki dimensi (PxLxT) 4.179 mm x 1.831 mm dan tinggi 1.501 mm. Dimensi ini lebih pendek 246 mm, 23 mm lebih lebar dan 199 mm rendah (ceper) dari Tiguan. Volkswagen juga menyiratkan bobot T-Roc hanya 1.420 kg.

T-Roc dibangun di atas platform MQB -baja berkekuatan tinggi dan fleksibel. Sumbu roda T-Roc lebih pendek 10 mm dari Tiguan. Suspensinya mengkombinasikan MacPherson struts di depan dan multi-link di belakang, dan memakai velg 19-inci.

T-Roc memakai mesin diesel common rail empat silinder berkapasitas 2.0L. Tenaga puncaknya 181 hp dengan torsi 378 Nm pada 1.750 rpm. 

Tenaga itu dialirkan melalui gearbox kompling gandar enam percepatan dilengkapi paddle shift. T-Roc dilengkapi dengan sistem electro-mechanical multi-plate clutch four-wheel drive system dengan tiga mode pengendaraan, yakni street, off-road and snow.

Simulasi komputer milik Volkswagen mengatakan akselerasi 0-100 km/jam dalam 6,9 detik, serta bisa melesat hingga 209,6 km/jam pada mode street, di mana sistem gerak empat roda T-Roc langsung mengubah gerak roda ke depan. Saat off-road dan snow pembagiannya menjadi 50:50 depan ke belakang.

Sepertinya VW juga akan mempersiapkan pilihan berpenggerak dua roda (2WD) sebagai pilihan standar.  Fitur off-road lainnya termasuk kamera di antara lampu depan dan belakang untuk memudahkan pengemudi memonitor kondisi medan yang dilalui. (*)

Sumber: autocarindonesia.com