Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perwakilan Buruh di Parlemen Sangat Dibutuhkan
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 27-02-2014 | 16:07 WIB
aksi_Buruh-SPMI1.jpg Honda-Batam
Aksi para buruh di Batam menuntut kesejahteraan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Memajukan dan menyejahterakan para pekerja serta diperhatikan pemerintah. Hal ini juga yang membuat aktifis-aktifis dari serikat buruh Batam ingin ikut ambil andil di dunia politik.

"Kita perlu bergabung ke dalam dunia politik agar kebijakan dari pemerintah bisa memperhatikan kita para buruh," ungkap Panglima Koordinator Daerah Garda Metal, Suprapto dalam kegiatan nonton bareng dan bedah film Working Class Heroes di lantai 4 Politeknik Batam, Kamis (27/2/2014).

Yang disampaikan dalam film secara garis besar, kata Suprapto, dan melihat di Batam, buruh masih harus berjuang lebih giat lagi karena masih banyak masalah yang timbul. Ditambah lagi dengan kebijakan dari pemerintah yang tidak berpihak kepada perkerja. Sementara Batam sendiri merupakan tolok ukur dari perindustrian di Indonesia.

"Menurut kami, undang-undang silahkan berjalan secara normatif. Ketika bicara ketenagakerjaan, kembali ke pemerintahan sendiri yang amburadul, tidak ada ketegasan," jelas Suprapto.

Sehubungan dengan pemilu yang akan berlangsung tahun ini, Suprapto berharap ada perwakilan dari buruh yang duduk di kursi legislatif. Sehingga, nasib buruh bisa lebih diperhitungkan.

Sebelumnya, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Batam menggelar diskusi dan pemutaran film dokumenter Working Class Heroes di ruang seminar lantai 4 Kampus Politeknik Batam.

Working Class Heroes’ adalah film dokumenter tentang perjuangan serikat pekerja di Indonesia dan Kolumbia yang memperjuangkan keadilan. Film dengan durasi 57 menit ini diproduksi FNV Mondiaal, rumah produksi Belanda.

Editor: Dodo