Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beraksi 23 Menit, Pelaku Pembobolan Minimarket di Botania Terekam CCTv
Oleh : Hadli
Rabu | 26-02-2014 | 18:25 WIB
cctv_maling_botania.jpg Honda-Batam
Kawanan maling saat beraksi di minimarket Botania.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembobolan Minimarket Grosir City Botania yang berada di ruko Botania Garden, blok D 6, No 12 B-18 oleh lima orang tidak dikenal (OTK) pada Senin (24/2/2014) pukul 4.51 WIB, terekam kamera CCTV. Mereka beraksi kurang lebih selama 23 menit.

Melalui rekaman CCTV mini market tersebut, bahwa sebelum melakukan aksinya, pelaku memantau situasi dari dalam mobil sedan. Pada pukul 4.51 WIB, empat orang tampak tampak keluar dari mobil sedan yang diparkirkan tepat di depan minimarket, atau belakang mobil pengelola minimarket.

Keempat orang tersebut berperawakan tegap, menggunakan topi, sarung tangan dan sebagian menggunakan penutup mulut atau masker, dengan beragam senjata tajam, seperti kampak panjang, linggis, gunting besi jumbo dan obeng.

Sebelum masuk, pelaku mengintip sistausi dalam minimarket yang gelap melalui pintu depan.Tidak berhasil masuk melalui rolling door, pelaku memporak-porandakan teralis besi kedai kopi yang berada di samping minimarket.

Menggunakan peralatan yang telah disiapkan sebelumnya, gembok teralis berhasil dihancurkan oleh pelaku menggunakan gunting besi jumbo. Selanjutnya, pelaku membongkar pintu besi yang berada di dalam kedai kopi tersebut yang memiliki akses masuk langsung ke minimarket, tepatnya samping minimarket.

"Pakai obeng dan linggis pelaku merusak laci kasir. Ada sekitar Rp13 juta dari dua laci uang kasir yang diambil pelaku," kata Hadi, pengelola minimarket sembari menunjuk kampak dan linggis yang diletakkan di atas meja oleh pelaku yang terekam CCTV.

Pada pukul 5.14 WIB atau kurang lebih selama 23 menit melakukan aksinya tampak pelaku bergegas meninggalkan lokasi karena mendengar suara azan subuh dan aktivitas warga sekitar minimarket.

Satu menit kemudian atau pukul 5.15 WIB, pelaku meninggalkan TKP dengan mobil jenis sedan.

Editor: Dodo