Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

"Harpitnas", BEI Tetap Buka
Oleh : Sumantri
Sabtu | 14-05-2011 | 11:08 WIB

Batam, batamtoday - Hari Libur Kejepit Nasional atau Harpitnas, Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan tetap akan buka, dan keputusan untuk tetap beroperasi ini mengubah keputusan BEI sebelumnya yang menyatakan BEI akan tutup pada tanggal 16 Mei 2011, yang merupakan Harpitnas. Hal ini disampaikan oleh Direktur BEI Wan Wei Yiong saat dihubungi, batamtoday, Jumat13 Mei 2011.

"Karena adanya update perubahan dari Bank Indonesia (BI) yang tetap membuka layanan kliringnya, maka Senin bursa tetap buka," ujar Wei, kepada batamtoday.

Seperti diketahui, BI mengubah keputusannya terkait cuti bersama pada Senin 16 Mei 2011. Kali ini BI mengatakan sistem kliring nasional dan RTGS tetap dibuka, sehingga bisa beri layanan.

"Kliring-RTGS, dan transaksi pelayanan tunai BI tetap buka. Ini dinamakan operasional terbatas," tegas Plt Direktur Direktorat Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat Bank Indopnesia, Difi Ahmad Johansyah.

Sebelumnya BI mengatakan menutup layanan RTGS dan kliring di hari Senin 16 Mei 2011 karena mengikuti cuti nasional pemerintah. Ini diikuti oleh BEI dengan memutuskan menutup perdagangan bursa di Senin.

Namun BI mengubah keputusannya dengan membuka layanan kliring dan RTGS untuk membantu pelaku ekonomi yang memang sudah merencanakan kegiatan ekonomi hari Senin nanti.

"Jadi kita tetap berikan layanan. Kita sebut operasional terbatas," imbuh Difi.

Humas Menko Kesra dalam siaran persnya yang diterima batamtoday, menyatakan, dalam rangka efisiensi dan efektifitas hari kerja, hari libur dan cuti bersama, maka diputuskan Senin 16 Mei dinyatakan sebagai cuti bersama.

Keputusan itu didasarkan pada keputusan bersama menteri pendayagunaan dan RB, Menteri Agama dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, SKB no 2 tahun 2011 dan SKB/01/M.Pan-RB/05/2011.

Seperti diketahui, hari Senin 16 Mei merupakan 'Hari kejepit nasional' karena pada 17 Mei 2011 adalah libur memperingati Hari Waisak.