Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MTQ dan Pemilu Bantu Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kepri
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 25-02-2014 | 19:46 WIB
Bank_Indonesia_Batam.jpg Honda-Batam
Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kepri di Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Laju pertumbuhan perekonomian Kepulauan Riau (Kepri) pada triwulan I di 2014 diperkirakan meningkat. Pasalnya, adanya iven besar seperti pelaksaan MTQ Nasional dan Pemilu yang diperkirakan dapat membantu meningkatkan laju pertumbuhan dan konsumsi rumah tangga.

Sementara laju inflasi menurut Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepri, Gusti Raizal Eka Putra diperkirakan menurun. "Dibandingkan dengan triwulan IV tahun 2013, inflasi kita diperkirakan menurun pada triwulan pertama di tahun ini," ungkap Gusti Raizal, Selasa (24/2/2014).

Kata Gusti, pertumbuhan ekonomi diperkirakan berada pada kisaran 5,2 hingga 5,4 persen. Kondisi ini mengalami kenaikan dibanding triwulan sebelumnya sebesar 5,02 persen. Kondisi ini sejalan dengan potensi awal pemulihan resensi global serta peningkatan konsumsi rumah tangga dan pemerintah menjelang Pemilu.

Sementara itu, laju inflasi juga diperkirakan berada di kisaran 7,1 hingga 7,3 persen mengalami penurunan bila dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 8,24 persen, dengan memperhitungkan ekspedisi kondisi cuaca yang akan membaik dan berdampak terhadap kelancaran distribusi barang.

"Selain itu, karena diperkirakan akan terjadi pehurunan harga barang pada tiga bulan yang akan datang karena masa panen raya," jelas Gusti lagi.

Bila dilihat dari tahun sebelumnya jelas Gusti, perekojomian Kepri mengalami perlambatan bila dibandingkan triwulan sebelumnya maupun triwulan yang sama di tahun sebelumnya.

"Laju inflasi yang tinggi pada 2013 salah satu penyebabnya dikarenakan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi menjadi salah satu penyebab utama penurunan pertumbuhan ekonomi di Batam," jelas Gusti.

Untuk itu, Gusti berharap dengan adanya beberapa iven besar seperti MTQ Nasional yang bakal berlangsung salah satunya, bisa terus menggenjot laju perekonomian masyarakat Kepri dan Batam Khususnya.

"Begitu juga Pemilu yang akan berlangsung, diharapkan bisa membantu meningkatkan konsumsi rumah tangga sehingga pertumbuhan ekonomi juga semakin baik," pungkasnya.

Editor: Dodo