Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belajar dari 3 Pedoman Makan Masyarakat Brasil
Oleh : Redaksi
Jum'at | 21-02-2014 | 12:28 WIB
makan-banyak.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Setiap negara menginginkan warganya untuk mendapatkan pola makan yang tepat. Brasil salah satunya. Negara ini juga ketat dalam menerapkan pedoman makan untuk penduduknya.

Ada tiga aturan emas baru dalam pedoman makan di Brasil: makanan tidak boleh diolah secara berlebihan, menggunakan takaran gula dan garam dengan tepat, serta sebaiknya membuat makanan sendiri jika tak cocok dengan aturan tersebut.

Selain tiga poin tersebut, ada sepuluh peraturan yang juga dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Brasil. Salah satunya, perusahaan harus menyiapkan makanan dengan bahan-bahan yang segar untuk para karyawan. Penduduk dianjurkan untuk cerdas memilih restoran dan menghindari makanan cepat saji.

Sementara itu, banyak penduduk yang belum bisa merealisasikan pedoman makan sehat di negaranya. Bahkan, Kanada sekalipun. Walau sudah 70 tahun aturan konsumsi diedarkan, warga Kanada masih tidak mengerti bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ahli gizi Evita Ochel berpendapat, panduan makan secara umum harus menghindari daging dan produk susu. Sebagai penggantinya, pedoman bisa menyisipkan pilihan non daging seperti tahu atau biji-bijian. Negara yang masih memuat menu daging pada aturan konsumsi, sebaiknya memperbaharui panduan tersebut.

Sumber: VIVAlife