Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BI Lakukan Sosialilasi Peralihan Fungsi Pengawasan ke OJK
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 20-02-2014 | 15:13 WIB
kepala_BI_Kepri_Gusti.jpg Honda-Batam
Kepala Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra.

BATAMTODAY.COM, Batam - Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kepulauan Riau (Kepri) terus melakukan sosialisasi terkait pengalihan pengawasan perbankan dari BI ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ke kalangan mahasiswa.

"Kita terus melakukan sosialisasi dan kali ini ke kalangan mahasiswa sebagai inisiatornya adalah Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI)," ungkap Kepala Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra usai seminar daerah sosialilasi peranan kantor BI dalam perkembangan ekonomi daerah paska pengalihan pengawasan perbankan dari BI ke OJK di Guest House Kampus Universitas Batam (Uniba), Kamis (20/2/2014).

Pengalihan fungsi pengawasan dari BI ke OJK menurut Reiza, perlu diketahui masyarakat luas, terutamaereka yang berada di kampus.

"Kalau masyarakat kampus sudah mengetahui, jadi untuk sosialisasi ke masyarakat luas lebih gampang," kata Gusti.

Sama halnya dengan Gusti, Ketua BSBI, Umar Juoro mengatakan, tanpa adanya sosialilasi yang terus dilakukan, tentu masyarakat tidak mengetahui perkemabngan di dalam BI.

"Oleh karena itu, kita berinisiatif melakukan sosialisasi dan sekarang kita memfokuskan terhadap masyarakat di kampus," ujar Umar.

Sesuai Undang-Undang (UU) No 23 tahun 1999 yang diperbarui dengan UU No 3 tahun 2004 tentang Bank Indonesia dan UU No 21 tahun 2011 tentang OJK, fungsi pengawasan mengalami peralihan dari Bank Indonesia (BI) kepada OJK.

Dengan beralihnya fungsi pengawasan bank ke OJK, arah kebijakan Bank Indonesia secara nasional ke depan lebih ditujukan pada upaya mencapai dan memelihara stabilitas nilai rupiah. Implementasinya, melalui bauran kebijakan di bidang moneter, makroprudensial dan pengembangan sistem pembayaran.

Kegiatan ini dihadiri para dosen dan mahasiswa Uniba. Sebagai pembicara adalah Umar Juoro, ketua BSBI, Halim Alamsyah selaku Deputi Guberjur BI, Harry Azhar Aziz yang merupakan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI dan Sri Langgeng Ratna Sani, Dekan Fakultas Ekonomi Uniba dan Kepala Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra.

Editor: Dodo