Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Tiga Alternatif Pengganti Mentega
Oleh : Redaksi
Kamis | 20-02-2014 | 12:19 WIB
mentega.jpg Honda-Batam
Mentega.

BATAMTODAY.COM - Mentega adalah salah satu produk susu yang dibuat dari krim susu dan biasa digunakan sebagai salah satu bahan masakan. Mentega umumnya digunakan sebagai pengganti minyak atau terkadang dicampurkan dengan minyak untuk hasil masakan yang lebih gurih dan kaya rasa.

Sayangnya, mentega mengandung kadar kolesterol yang tinggi, sehingga pemakaiannya harus dibatasi. Oleh karena itu, untuk melezatkan masakan, tak melulu harus menggunakan mentega.

Berikut ini tiga bahan masak alternatif yang sesekali bisa digunakan menggantikan mentega, seperti dikutip Fit Sugar.

Air kaldu

Air kaldu adalah air rebusan daging atau tulang yang biasa digunakan sebagai kuah sup. Karena mengandung ekstrak daging, maka air kaldu dapat Anda gunakan sebagai pengganti mentega yang lebih sehat untuk melezatkan masakan. Tambahkan kaldu ke dalam saus atau tumisan. Selain itu, kaldu juga dapat Anda gunakan sebagai campuran dressing atau bahan marinasi.

Cuka

Selain kaldu, cuka juga dapat Anda gunakan untuk memperkaya cita rasa masakan. Tak hanya itu, cuka juga memiliki manfaat lainnya yakni mengempukkan tekstur daging dan menjaga bentuk putih telur saat merebus telur. Cuka juga memiliki beragam jenis yang memiliki sentuhan rasa yang berbeda seperti cuka apel, cuka beras dan masih banyak lagi.

Wine

Tak hanya berfungsi sebagai minuman pendamping hidangan utama, wine juga dapat Anda gunakan untuk memberikan sentuhan rasa pada masakan. Wine juga dapat mengeluarkan cita rasa bahan-bahan masakan. Gunakan white wine saat memasak ikan, ayam, dan telur. Sedangkan red wine cocok untuk dimasak dengan daging merah.

Sumber: VIVAlife