Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Buruh PT DSAW Gelar Mogok Kerja
Oleh : Hadli
Rabu | 19-02-2014 | 19:49 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan buruh PT Dwi Sumber Area Waja (DSAW) yang berada di Kawasan Industri Estate (KIE) Kabil, Kecamatan Nongsa menggelar mogok kerja, Rabu (19/02/2014) di dalam halaman perusahaan tersebut.


Aksi mogok yang diikuti hampir seluruh pekerja perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan pipa, atau sebanyak 510 buruh tergabung dari Aliansi Serikat Pekerja PUK PT DSAW dan FSPMI berlangsung sejak pagi tadi, menuntut upah sundulan atas kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) Batam tahun 2014 sesuai dengan keputusan Gubernur tahun 2013 lalu.

"Setelah beberapa kali dilakukan pertemuan dengan pihak manajemen tetap tidak ada titik temu. Maka dengan itu kami melakukan mogok kerja," kata Bambang, koordinator aksi, di area perusahaan.

Dia mengatakan, buruh menolak kenaikan upah tahun 2014 yang diberikan oleh manajemen secara sepihak. Tambahnya, karena berdasrkan SK Gubernur 997 tahun 2013, untuk masa kerja diatas satu tahun harus dirundingkan antara manajemen dengan buruh.‎ Buruh meminta kenaikan sebesar Rp 458 ribu untuk karyawan masa kerja di atas satu tahun, bukan sesuai UMK sebesar Rp 382 ribu.

"Kami menuntut kenaikan upah sundulan sebesar Rp 458 ribu, juga kami menuntut tunjangan masa kerja buruh di atas satu tahun," ujarnya lagi.

Aksi mogok kerja, akan dilakukan selama tiga hari. Tambahnya, sebelum tiga hari sudah ada titik temu antara buruh dengan manajemen maka mogok kerja akan dihentikan.

"Rencananya sampai dengan Jumat aksi mogok akan dilakukan buruh.besok akan ada perundingan lagi, karena hari ini perundingan tidak ada titik temu," pungkasnya.

Editor: Dodo