Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan Buruh di PT E-Tech Batam Mogok Kerja
Oleh : Gokli Nainggolan
Rabu | 19-02-2014 | 11:36 WIB
Mogok.jpg Honda-Batam
Aksi mogok puluhan buruh PT E-Tech Batam sebagai bentuk solidaritas rekan mereka yang dipecat sepihak, Rabu (19/2/2014). (Foto: Gokli Nainggolan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 53 buruh PT E-Tech melakukan aksi mogok kerja secara spontan, Rabu (19/2/2014). Aksi itu dipicu oleh dua orang tenaga kerja asing (TKA) asal India yang mengambil alih perusahaan, disebut bertindak semena-mena terhadap buruh.

Menurut penuturan sejumlah buruh, kedua TKA asal India itu yakni Tri Purti Morgan menjabat sebagai Poject Engginering dan Nanda Gopal menjabat sebagai Manager Accounting. Sekitar pukul 07.30 WIB pagi tadi, kedua TKA tersebut mengusir lima orang buruh dan memberikan surat pemutusan hubungan kerja secara sepihak.

Sementara itu, Ketua PUK FSPMI PT E-Tech, Heri, akibat ulah kedua TKA itu puluhan buruh lainnya langsung memrotes. Mereka menolak pengusiran dan pemutusan hubungan kerja yang dilakukan kedua orang asing itu.

"Awalnya kami mau masuk kerja. Tapi, teman kami diusir dan diputus kontrak sepihak. Jelas saja tak bisa kami terima," tegasnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, kedua TKA itu juga menutup perusahaan. Sehingga buruh tak bisa masuk ke dalam perusahaan untuk melakukan aktivitas kerja.

"Memang, di perusahaan ini sudah banyak permasalahan. Ini hanya puncak dari permasalahan saja," terangnya. (*)

Editor: Roelan