Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Oscar dan BAFTA Punya Pangsa Pasar Berbeda
Oleh : Redaksi
Rabu | 19-02-2014 | 10:29 WIB
Oscar_2.jpg Honda-Batam
(Foto: Rolling Stone)

BATAMTODAY.COM - Mark Kermode mengungkapkan pendapatnya mengenai "perbedaan aneh" yang terjadi antara nominasi Oscar dan BAFTA pada tahun ini. BAFTA telah menjadi telah menjadi bagian dari musim penghargaan film dunia dan dipandang oleh beberapa pihak sebagai pembawa pengaruh bagi penghargaan Oscar.

Namun, para nominasi terbesar Oscar tahun ini - seperti Dallas Buyers Club dan para pemainnya – benar-benar dihilangkan seluruhnya karena perdebatan mengenai mepetnya pelaksanaan BAFTA dan Oscar terulang lagi. "Ada sebuah perbedaan aneh tahun ini," jelas kritikus film dan salah satu anggota juri BAFTA, Mark Kermode kepada Digital Spy pada malam perayaan tadi malam.

"Matthew McConaughey, kandidat utama untuk aktor terbaik di Oscar malah tidak mendapatkan nominasi pada ajang BAFTA," tambahnya. Salah satu alasan yang dikemukakan olehnya antara lain karena jadwal rilis yang terlambat.

"Yang jelas, Dallas Buyers Club diputar agak sedikit terlambat tahun ini di Inggris. Dan film tersebut nampaknya mempunyai pasar yang berbeda. Oleh karena itu, Oscar dan BAFTA juga harus dilihat sebagai pangsa pasar yang berebeda pula”, tuturnya.

Kermode juga membicarakan tentang film 12 Years a Slave yang memenangkan Best Actor yang dianugerahkan kepada Chiwetel Ejiofor dan juga memenangkan nominasi untuk Best Film pada upacara penghargaan malam lalu. 

Sumber: Kapanlagi.com