Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lundin Petrolium Mulai Eksplorasi Migas Natuna
Oleh : Redaksi
Selasa | 18-02-2014 | 13:44 WIB
79577311.jpg Honda-Batam
Foto: Lundin Petrolium.

BATAMTODAY.COM - Lundin Petroleum AB, perusahan eksplorasi dan produksi migas asal Swedia, pada Senin kemarin mengumumkan telah dimulainya pengeboran eksplorasi di PSC Baronang, Natuna. Pengeboran itu dilakukan dengan menggunakan rig Hakuryu 11.

Sementara, pengeboran di sumur Balqis-01 tersebut akan disusul dengan sidetrack, Boni-01.

Melalui siaran persnya, Lundin memperkirakan bahwa prospek Balqis memiliki cadangan prospektif kotor tak berisiko sebesar 47 juta barel setara minyak (MMboe). Rencananya, pengeboran itu akan mencapai kedalaman 2.130 meter di bawah 

Rencananya, total pengeboran akan mencapai 2.130 meter di bawah mean sea level (MSL) atau rata-rata tinggi permukaan laut. Diperkirakan, proses pengeboran dan evaluasi akan makan waktu selama 20 hari.

Pengeboran Balqis-01 akan disusul dengan Boni-01 sebagai side track sumur tersebut. Lundin memperkirakan prospek Boni memiliki cadangan prospektif kotor tak berisiko sebesar 55 MMboe. Rencananya, pengeboran kedalaman vertikal adalah 2.300 meter di bawah MSL dan butuh waktu lima hari.

Lundin melalui anak perusahaan Lundin Baronang BV, adalah operator dan pemilik 90 persen saham kerja di PSC Baronang. Perusahaan ini bermitra dengan Nido Petroleum Limited dengan saham kerja 10 persen. Lundin mengoperasikan 5 PSC di Indonesia, yaitu Baronang, Cakalang, Gurita, South Sokang, dan Cendrawasih VII. (*)

Editor: Roelan